Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berterima kasih kepada sejumlah pihak yang memberikan bantuan oksigen cair untuk memenuhi kebutuhan warga setempat.

"Terima kasih kepada Kemenko Marves, Kemenkes, Virtue Dragon Nickel Industrial Park, semua instansi dan pihak terkait yang sudah memberikan dukungan," ujar Emil Dardak di sela meninjau bongkar muat Iso Tank di Terminal Mirah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Selasa (27/7).

Bantuan yang diterima sebanyak tiga unit Iso Tank, yang masing-masing berisi 20 ton oksigen cair, dan dikirimkan melalui Kapal Meratus Labuan Bajo IMO 9821500 dari Kabupaten Konawe, Sulawesi Tengah, ke Jawa Timur.

Iso Tank merupakan kontainer berbentuk tangki berukuran standar tertentu yang umumnya digunakan untuk memuat kargo cair dan gas.

Orang nomor dua di Pemprov Jatim itu bersyukur karena mencari iso tanknya juga sulit sehingga banyak industri-industri berat yang sebenarnya menghasilkan oksigen, tetapi untuk mengangkutnya sangat terbatas.

Wagub Emil menjelaskan bantuan Iso Tank dan liquid oksigen ini diharapkan dapat membantu menyediakan stok di rumah sakit dan untuk masyarakat yang membutuhkan di Jatim.

Apalagi, kata dia, saat ini oksigen menjadi salah satu benda yang sangat dibutuhkan untuk menangani pasien COVID-19 di RS maupun masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri.

"Setelah ini dikirim ke stasiun untuk kemudian didistribusikan ke tempat-tempat yang dibutuhkan sesuai dengan arahan dari Ibu Gubernur, termasuk hasil pemetaan satgas oksigen," ucap dia.

Mantan Bupati Trenggalek itu berharap sinergitas berbagai pihak dalam kaitan bantuan Iso Tank dan liquid oksigen akan terus berlanjut sehingga kebutuhan di rumah sakit serta masyarakat dapat teratasi dan kembali normal.

Di sisi lain, Direktur Utama PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI Port) Arif Prabowo mendukung pemerintah atau siapa saja yang akan melakukan proses bongkar muat dalam kaitan bantuan kemanusiaan.

Ia memastikan akan mempercepat proses bongkar muat agar bantuan dapat segera didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kami percepat karena ini bantuan kemanusiaan. Kalau dari temen-temen pemerintah maupun dari asosiasi yang mau bongkar untuk kemanusiaan bisa hubungi kami di masing-masing terminal untuk mempercepat kegiatan bongkar," katanya.

Sementara itu, Deputi CEO Kamadjaja Logistik Ivy Kamadjaja mengatakan bahwa pihaknya terus bergerak mengirimkan barang-barang yang saat ini benar-benar dibutuhkan, terutama untuk rumah sakit.

"Pengiriman juga tidak hanya untuk Jawa Timur dan Surabaya, tetapi ke seluruh pelosok negeri. Kami bersyukur bisa membantu mendistribusikan, terutama situasi pandemi," tutur Ivy.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021