Kebakaran melahap satu unit rumah warga Situbondo, Jawa Timur, Selasa dini hari, bahkan seluruh perabotan rumah permanen tersebut ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam insiden kabakaran itu.

"Kami memperoleh informasi kebakaran rumah milik Abdul Razak yang dikontrakkan kepada Pak Ervani, pada dini hari tadi sekitar pukul 00:05 WIB," ujar Koordinator Pusat Pengendali Operasi (Pusdal Ops) BPBD Situbondo Puriyono di Situbondo.

Memperoleh informasi kebakaran rumah di tengah permukiman penduduk Lingkungan Mulya Utama, Kelurahan Patokan, Kecamatan Situbondo itu, petugas BPBD dan petugas dari pemadam kebakaran ke lokasi memadamkan kobaran api.

Dua unit mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lokasi kejadian, katanya, berhasil memadamkan api dua jam kemudian. "Sebelumnya warga sekitar juga bahu membahu memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Ipung (sapaanya) menceritakan, saat kejadian penghuni rumah sedang tertidur lelap dan api terlihat pertama kali oleh Risa (27) salah satu penghuni rumah.

"Saat itu Risa menantu Pak Ervani hendak membuat susu untuk anaknya, dan terkejut disertai panik melihat kobaran api dari gudang penyimpanan barang, kemudian langsung membangunkan keluarganya keluar rumah untuk menyelamatkan diri dan berteriak minta tolong ke warga sekitar," paparnya.

Lalu, kata Ipung, warga sekitar lokasi kejadian mendengar teriakan tersebut bahu- membahu berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

"Untuk penyebab kebakaran ini masih belum diketahui dan dalam penyelidikan pihak terkait (kepolisian). Tidak ada korban jiwa, enam orang penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri," tuturnya.

Akibat kejadian kebakaran rumah ini, seluruh perabotan dan dua unit sepeda motor juga hangus terbakar. Kerugian dari kebakaran itu diperkirakan mencapai seratusan juta rupiah. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021