PT Pertamina (Persero) dan PT Kerata Api Indonesia (KAI) Daop 8 mendonasikan bantuan percepatan penanganan COVID berupa ribuan alat tes cepat antigen, baju hazmat, masker medis dan multivitamin di Kota Surabaya, Jawa Timur.

"Mudah-mudahan dengan bantuan ini bisa mengurangi beban Pemkot Surabaya dan bermanfaat untuk warga Surabaya," kata Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Jatimbalinus Deden Mochammad Idhani saat menyerahkan bantuan di Balai Kota Surabaya, Senin.

Adapun bantuan dari PT Pertamina melalui Pertamina Peduli berupa 2.000 unit alat rapid antigen, 5.000 masker medis, dan 100 baju hazmat. Sedangkan bantuan PT KAI Daop 8 berupa 2.860 kotak masker medis dan 498 kotak paket multivitamin atau sebanyak 49.800 tablet.

Deden mengatakan, Pertamina mendukung upaya-upaya penanggulangan COVID-19 yang dilaksanakan Pemkot Surabaya. Ia berharap, melalui bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban pemkot dalam penanggulangan COVID-19.
 
Sementara itu, Manager Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, melalui program CSR ini dapat semakin meningkatkan hubungan baik, antara PT KAI dengan Pemkot Surabaya dan masyarakatnya. 

"Semoga bantuan yang diberikan bermanfaat dan dapat membantu masyarakat di tengah pandemi COVID-19," katanya. 

Pada kesempatan itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan PT Pertamina dan PT KAI Daop 8. Bagi dia, bantuan ini tentunya sangat membantu pemkot dan warga Surabaya khususnya dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.
 
Eri mengaku terharu lantaran di masa sulit seperti sekarang, warga Surabaya tetap saling bergotong-royong untuk memenangkan pertempuran melawan COVID-19. Sehingga, kata dia, Kota Surabaya dapat kembali menjadi kota yang nyaman dengan terputusnya mata rantai penyebaran COVID-19.

"Insya Allah semua bantuan ini sangat berarti untuk memutus mata rantai COVID-19 di Surabaya," ujarnya.
 
Ia menceritakan, bahwa hingga hari ini Kota Surabaya terus berjibaku menanggulangi penyebaran COVID-19. Namun demikian, masih saja ada warga yang merasa penyakit ini adalah sebuah aib, sehingga mereka takut untuk melaporkan ataupun memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit. Padahal, apabila mereka segera melapor, penyakit ini bisa segera tertangani.
 
Maka dari itu, melalui bantuan yang diberikan oleh PT Pertamina dan PT KAI Daop 8, Wali Kota Eri berharap, dapat memberikan manfaat bagi warga Surabaya di masa pandemi ini. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021