Seorang peternak asal Desa Sumorame, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Ismail membuka penjualan hewan kurban kambing dan domba dengan konsep seperti toko swalayan.
 
"Konsep minimarket yang dimaksud adalah dengan menempatkan label harga pada masing-masing kandang tempat kambing tersebut dipajang layaknya toko swalayan," ujarnya di Sidoarjo, Kamis.
 
Ia mengatakan selain memajang kambing dalam kandang yang berlabel harga, juga disediakan timbangan untuk mengetahui berat kambing yang akan dibeli.
 
"Dulu beromzet sekitar puluhan juta rupiah dan alhamdulillah sekarang sudah sampai ratusan juta rupiah setiap musim kurban seperti ini," katanya.
 
Ia mengakui momen Idul Adha membawa berkah tersendiri bagi peternak hewan kurban. "Awalnya memulai usaha dari lima ekor, sekarang menjadi puluhan ekor," ucapnya.
 
Sebelum menekuni usaha penjualan hewan kurban, Ismail bekerja sebagai pengemudi di perusahaan swasta. Akhirnya dia memutuskan keluar dari pekerjaannya dan memilih usaha sendiri. 
 
Ismail merasa beruntung karena waktu itu dia langsung memulai usaha, sekarang tinggal menuai hasilnya.
 
"Sebelumnya kerja jadi pengemudi, pindah-pindah perusahaan, jual kambing hanya sampingan. Tapi, sejak tahun 2011 saya fokus usaha ternak kambing dan memilih keluar dari perusahaan," kata Ismail di lokasi usahanya desa Sumorame, Candi, Sidoarjo.
 
Karena ketekunannya, kini dia dipercaya seorang investor untuk mengelola usaha penggemukkan kambing dan domba, lalu menjualnya dengan konsep toko swalayan.
 
"Pola ini lebih terbuka, sebab pembeli bisa melihat langsung kisaran harga kambing yang sudah ditentukan penjual," ujarnya.
 
Dengan prinsip keterbukaan itu, Ismail mengaku jumlah pelanggannya semakin banyak dan sudah membuat kandang dengan kapasitas lebih dari 100 ekor. 
 
"Tahun depan rencananya kami tambah lagi, kami maksimalkan lagi kapasitas kandang supaya calon pembeli nanti lebih banyak pilihannya," katanya.
 
Mamat panggilan karib Ismail, sengaja memberi nama usaha ternaknya Candi Farm Minimarket Kambing dan Domba agar mudah diingat. 
 
Khusus untuk momen Idul Adha ini, kambing yang dijual di Candi Farm harganya bervariasi mulai dari Rp3 juta hingga Rp5 juta.
 
"Lebih enaknya melihat langsung di kandang saja, bisa memilih sama mengajak anak - anak karena kandang kami sengaja didesain ramah anak dan dan setiap hari kami jaga kebersihannya," tukasnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021