Desa Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, sedang berbenah untuk mempersiapkan diri menghadapi penilaian menyusul desa tersebut menjadi salah satu finalis pada ajang Desa Wisata Awards 2021 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Sesuai dengan rencana penilaian lapangan, tim akan mendatangi masing-masing daerah finalis pada tanggal 16—31 Juni 2021," kata Kepala Desa Genilangit Pardi di Magetan, Sabtu (12/6).

Pardi menjelaskan bahwa penjurian secara daring (online) pada tanggal 6—7 Juli 2021, dan pengumuman pemenang pada tanggal 9 Juli 2021.

Menurut ia, Desa Wisata Genilangit telah menjadi salah satu nominator ajang Desa Wisata Awards 2021 dan masuk dalam kategori Desa Wisata Berbasis Alam.

Terdapat 10 tempat menarik yang masuk dalam penilaian dan bisa dinikmati wisatawan saat berkunjung ke Desa Wisata Genilangit, yakni atraksi perahu karet, river tubing, Taman Wisata Genilangit, Highland Wonomulyo, spot swafoto, outbound, Bukit Sekudi Wonomulyo, Camping Ground Genilangit, Atraksi Sahabat Fauna, dan wahana tangkap kelinci.

Menyinggung soal Taman Wisata Genilangit, Kades Pardi menjelaskan bahwa taman wisata tersebut terbentuk bermula dari ide kreatif para pemuda Desa Genilangit yang tergabung dalam Karang Taruna Giri Putra Bhakti.

Ia mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Perum Perhutani KPH Lawu Ds, hutan di kawasan lereng Gunung Lawu tersebut "disulap" menjadi lokasi taman wisata yang relatif menarik.

Melihat minat pengunjung yang antusias, kata dia, pengembangan terus dilakukan. Pengembangan dilakukan secara swadaya penduduk desa setempat dengan menggunakan asas kekeluargaan. Beberapa modal diperoleh dari warga sekitar dengan sistem bagi hasil.

"Pada era sosial media kala itu, promosi wisata terbantu melalui media tersebut sehingga objek wisata yang bernama Taman Wisata Genilangit makin dikenal dan banyak dikunjungi," katanya.

Saat ini, Taman Wisata Genilangit mampu berkembang dengan pengelolaan yang baik, yakni melibatkan BUMDes. Taman wisata tersebut, kini mampu memberikan lapangan pekerjaan kepada 50 orang di Desa Genilangit.

"Banyak fasilitas yang dapat dinikmati di Taman Wisata Genilangit, di antaranya spot swafoto yang keren, peternakan sapi, ATV, dan kantin yang makin banyak," kata Pardi.

Melalui BUMDes, saat ini Desa Genilangit juga menyiapkan pusat kuliner, suvenir, serta hasil UMKM warga setempat di sekitar area wisata.

Ia berharap keberadaan desa wisata dapat menjadi daya ungkit perekonomian desa.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021