Pemerintah Kota Probolinggo meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Jawa Timur sebanyak empat kali berturut-turut sejak 2017, 2018, 2019, dan 2020.

Penyerahan opini WTP diberikan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur Agus Setyono kepada Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin di Ruang Auditorium Kantor BPK Jawa Timur di Sidoarjo, Senin.

"Saya merasa bersyukur bisa mempertahankan opini WTP di dua tahun kepemimpinan ini," sebut Wali Kota Probolinggo yang biasa dipanggil Habib Hadi dalam rilis yang diterima ANTARA di Kota Probolinggo.

Bagi pemerintah kota, lanjut dia, opini WTP tidak sekadar dimaknai ketiadaan kesalahan penyajian akun-akun dalam laporan keuangan, namun lebih ke arah bahwa belanja pemerintah daerah harus mempunyai nilai manfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Alhamdulillah. Itu semua berkat kerja sama tim, semua menyajikan yang terbaik, dan berkat doa masyarakat Kota Probolinggo karena saya ingin betul-betul menjadikan pemerintahan yang lebih baik lagi dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Menurut dia, hal tersebut sejalan dengan visi misinya, yakni membangun bersama rakyat untuk Kota Probolinggo yang lebih berkeadilan, transparan, aman dan berkelanjutan.

Sementara Ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib yang ikut hadir dalam acara itu mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Probolinggo dan menilai menilai fungsi kontrol anggota legislatif juga sangat maksimal dalam hal tersebut.

"Predikat opini WTP merupakan salah satu indikator kepercayaan bagi kinerja pemerintah yang transparan dan akuntabel sehingga bisa berdampak positif bagi kepentingan masyarakat," katanya.

Berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan nomor 59/LHP/XVIII.SBY/05/2021 tanggal 21 Mei 2021, BPK telah melaksanakan pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Probolinggo Tahun Anggaran 2020 dan dari hasil pemeriksaan yang telah dilaksanakan, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Dalam sambutannya, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur Agus Setyono mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Probolinggo yang telah menyampaikan laporan keuangan tepat waktu serta berhasil mempertahankan opini WTP.

"Selamat bagi pemerintah daerah yang selama 4 tahun berturut- turut mampu meraih opini WTP. Semoga ke depan bisa mempertahankannya dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021