Sebanyak 14 proposal dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2021 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Direktur Akademik, Kemahasiswaan (Akamawa) dan Perpustakaan Unusa Umdatus Soleha di Surabaya, Rabu mengatakan 14 proposal yang lolos terdiri dari tujuh tim PKM Kewirausahaan, dua tim PKM Pengabdian Masyarakat, tiga tim PKM Riset Eksakta, dan dua tim PKM Soshum.

"Hasil ini cukup membuat kami bangga. Proposal PKM tahun ini merupakan perwakilan dari lima fakultas yang ada di Unusa," kata Umdatus.

Dengan adanya perwakilan dari lima fakultas yang lolos PKM tahun ini semua fakultas akan berkomitmen dalam merangsang mahasiswanya guna berfikir inovatif, kreatif dan kritis.

Ia menjelaskan dengan hasil ini Akamawa Unusa sudah mulai menyiapkan pembekalan bagi peserta PKM yang akan melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PMINAS). 

"Kita akan bekali peserta ini dengan pendampingan dan penilaian dari reviewer yang ada di Unusa maupun reviewer Nasional untuk kelancaran implementasi PKM yang didanai Kemendikbud Ristek," katanya.

Hasil PKM tahun lalu menjadi pelajaran bagi Unusa. Menurutnya dengan pembekalan lebih awal Akamawa Unusa bisa mempersiapkan dengan baik. 

"Saya bersyukur, Unusa setiap tahunnya masuk dalam PIMNAS, jadi kami harus mempersiapkan dengan baik," ucapnya.

Dia berharap dengan lolos PKM ini, mahasiswa Unusa bisa lebih terangsang membuat proposal PKM. 

"Terlebih Unusa ada program seribu proposal PKM, jadi mahasiswa bisa mengasah pikiran yang kritis, inovatif dan kreatif," ucapnya. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021