Para pedagang di Pasar Tanjung, Kota Mojokerto, Jawa Timur, mendapat suntikan kedua vaksin COVID-19 pada Senin.

Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari saat meninjau pelaksanaan vaksinasi mengatakan bahwa vaksinasi COVID-19 dilakukan di enam titik di kawasan Pasar Tanjung, yakni depan Klinik Tanjung, depan Masjid Al Qodiri, Jalan Kopral Usman sebelah BNI Pasar Tanjung, Puskesmas Pembantu Pasar Tanjung, Puskesmas Balongsari, dan Klenteng Hok Sian Kiong.

"Kami melihat secara langsung pelaksanaan di enam titik apakah sudah berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, atau seperti apa mekanisme penataan pada setiap titik pelaksanaan vaksinasi, karena tidak semuanya memenuhi syarat. Namun, pada keterbatasan lokasi ini kami upayakan semaksimal mungkin standar dalam pelayanan itu bisa terpenuhi," kata Ika.

Ia mengatakan bahwa Pasar Tanjung merupakan sentra perdagangan dengan tingkat interaksi masyarakat cukup tinggi, karenanya dijadikan sebagai salah satu area sasaran vaksinasi COVID-19.

"Waktu operasinya hampir bisa dikatakan 24 jam penuh, terjadi interaksi proses ekonomi. Sehingga, ini adalah satu sasaran yang menjadi potensi terbesar keterpaparan COVID-19 di Kota Mojokerto," katanya.

Selain itu, menurut dia, sebagian besar pedagang di Pasar Tanjung merupakan pedagang dari luar daerah. Mereka keluar masuk wilayah Mojokerto dan kondisi yang demikian meningkatkan risiko penularan virus.

"Selain tenaga dari UPT, juga ada para kader motivator serta RT dan RW yang juga mendapatkan vaksin tahap kedua. Mereka kami harapkan bisa saling memotivasi satu sama lain. Bisa menyampaikan, bahwa vaksin ini adalah upaya pemerintah dalam rangka melindungi warganya dari keterpaparan COVID-19," katanya.

Sumiah, pedagang sayur di Pasar Tanjung, ikut menjalani vaksinasi COVID-19.

"Biar lebih sehat dan COVID-19 tidak menyebar kemana-mana," katanya, menambahkan, "Ada juga pedagang yang tidak mau (divaksin), tapi saya tetap ikut."

Vaksinasi COVID-19 pada pedagang di Pasar Tanjung akan dilaksanakan sampai 11 Maret 2021. Waktu dan tempat pelaksanaan vaksinasi telah diatur oleh UPTD Pasar. Pedagang yang telah didata akan diberi kupon atau undangan dengan keterangan lokasi pelayanan vaksinasi.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021