PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya kembali membatalkan seluruh perjalanan kereta api (KA) tujuan Jakarta dari stasiun wilayah setempat, karena banjir di Jawa Barat belum surut, akibatnya perjalanan KA terhambat.

Manager Humas Daop 8 Surabaya, Luqman Arif di Surabaya, Senin mengatakan secara total pada 22 Februari 2021 ini terdapat tujuh KA yang dibatalkan dari area Daop 8 Surabaya, rinciannya tiga KA tujuan Stasiun Pasar Senen dan empat KA tujuan Stasiun Gambir.

Untuk tujuan Stasiun Pasar Senen, masing-masing KA Jayabaya relasi Malang - Pasar Senen, KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng - Pasar Senen dan KA Dharmawangsa relasi Surabaya Pasarturi - Pasar Senen.

Sementara tujuan Stasiun Gambir, masing-masing KA Argo Bromo Anggrek pagi relasi Surabaya Pasarturi - Gambir, KA Gajayana relasi Malang - Gambir, KA Bima relasi Surabaya Gubeng - Gambir serta KA 76 Argo Bromo Anggrek malam relasi Surabaya Pasarturi - Gambir.

"Di beberapa wilayah Daop 1 Jakarta banjir masih merendam petak jalan KA antara Stasiun Kedunggedeh - Lemah Abang KM 55 +100 sampai dengan KM 53+600 dengan ketinggian air sampai dengan 150 CM di atas kop rel," kata Luqman, ketika dikonfirmasi.

Banjir, tidak hanya membuat jalur rel terendam, namun air yang mengalir cukup deras mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus air sehingga memerlukan waktu untuk proses perbaikan prasarana jalur rel.

"Kami dari Daop 8 Surabaya mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa KA atas pembatalan ini, dikarenakan dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA," kata Luqman yang pernah menjabat Manager Humas Daop 3 Cirebon tersebut.

Pembatalan, kata dia, dilakukan dengan mempertimbangkan keselamatan, karena kondisi jalur rel belum dapat dilalui untuk perjalanan KA.

"Sampai dengan saat ini, tim PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan upaya maksimal untuk memperbaiki prasarana yang terdampak banjir tersebut bekerja sama dengan berbagai pihak," katanya.

Sementara itu, bagi pelanggan KA yang telah memiliki tiket keberangkatan 22 Februari 2021 tujuan Gambir maupun Pasar Senen dapat melakukan pembatalan tiket hingga 30 hari ke depan, dengan pengembalian 100 persen melalui loket pembatalan di stasiun. (*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021