PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menutup serangkaian kegiatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional tahun 2021 dengan menggelar seminar daring (Webinar) bertema "Penerapan Kesehatan Kerja di Masa Pandemi COVID-19". 

Direktur Sumber Daya Manusia PT Pelindo III Edi Priyanto mengungkapkan tema tersebut penting dibahas di tengah pandemi COVID-19 yang hingga kini masih melanda. 

"Sejumlah perusahaan terus melakukan adaptasi dalam berbagai hal. Demikian halnya dengan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan kerja," katanya, melalui keterangan tertulis yang diterima wartawan di Surabaya, Kamis malam.

PT Pelindo III menggelar sebanyak empat kali webinar dengan beragam tema dalam rangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional tahun ini, yang masing-masing  dikuti lebih dari 1000 peserta dari seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai profesi.

Edi menandaskan, di samping webinar, Pelindo III juga menyelenggarakan lomba foto, tiktok dan video sosialisasi K3 yang diikuti lebih dari 600 peserta. Kegiatan sosial juga dilakukan yaitu dengan menyelenggarakan aksi donor darah yang berhasil mengumpulkan total 304 kantong darah.

"Tak hanya itu, gerakan donor plasma konvalesen juga dilakukan, mengingat saat ini plasma konvalesen menjadi salah satu solusi dalam terapi penyembuhan pasien COVID-19. Dalam kegiatan donor plasma konvalenen tersebut Pelindo III berhasil mengumpulkan 276 kantong plasma," ujarnya. 

Berbagai kegiatan tersebut digelar sebagai upaya Pelindo III dalam menyosialisasikan pentingnya K3 di dunia kerja kepada masyarakat hingga para pekerja baik di lingkungan internal Pelindo III maupun perusahaan lainnya.

"Kami juga menggelar kegiatan peningkatan kewaspadaan dan kesiapan K3, di antaranya latihan pemadam kebakaran menggunakan APAR, hydrant dan mobil Pemadam Kebakaran. Selanjutnya latihan evakuasi keadaan darurat juga dilakukan, pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) serta berbagai kegiatan lainnya," ucapnya. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021