Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun mengirimkan bantuan tunai melalui organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Madiun untuk disalurkan ke para korban bencana alam di Tanah Air.

Ketua Program Studi Manajemen Transportasi Perkeretaapian PPI Madiun Handoko mengatakan PPI Peduli turut prihatin atas bencana yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia di awal tahun 2021 ini.

"Melalui ACT Madiun, kami berharap bantuan ini tersampaikan guna meringankan beban saudara kita," ujar Handoko di sela penyaluran bantuan melalui ACT Madiun, Kamis.

Menurut dia, bantuan tunai tersebut berasal dari para civitas akademi PPI Madiun yang digalang sejak Senin (18/1/2021). Total bantuan yang terkumpul mencapai Rp37,397 juta.

Sementara, ACT sebagai lembaga yang tanggap akan masalah kebencanaan menyambut baik kepercayaan dari PPI Madiun.

"Sejak hari pertama bencana terjadi, kami sudah turun langsung di lapangan. Selain itu kami memiliki program Bergerak Bersama Selamatkan Bangsa ikut memberikan bantuan melalui Kapal Kemanusiaan," kata Kepala Cabang ACT Madiun Wahyu Sulistianto Putro.

Ia menjelaskan, melalui program Kapal Kemanusiaan, ACT bisa menampung berbagai bantuan bahan pokok dari masyarakat di seluruh Madiun Raya untuk disalurkan ke wilayah bencana.

Diharapkan dengan partisipasi dari setiap elemen masyarakat, bantuan dapat tersalurkan kepada mereka yang membutuhkan terutama di Sulawesi Barat yang terdamak bencana gempa bumi dan Kalimantan Selatan yang terdampak banjir bandang besar.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021