Pegiat organisasi Radio Antar-Penduduk Indonesia (RAPI) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kamis, membagikan paket sembako kepada warga miskin dan kurang mampu terdampak Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di wilayah itu.

"Selain sebagai bentuk kepedulian komunitas kami, aksi bagi-bagi paket sembako kepada warga miskin dan kurang mampu ini juga dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-40 RAPI," kata Ketua RAPI Pamekasan Budi Cahyono.

Aksi bagi-bagi sembako organisasi ini digelar bersama Forum Relawan Penanggulangan Bencana Daerah (FRPB) Pamekasan dengan mendatangi sejumlah rumah warga yang menjadi target penerima bantuan.

Gerakan aksi sosial RAPI di era pandemi COVID-19 ini juga melibatkan komunitas pengendara sepeda motor, dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan mempergatikan jarak fisik antarperserta.

Ia  menjelaskan selain memberikan bantuan sosial berupa paket sembako, pihaknya juga menyampaikan sosialisasi secara langsung kepada warga akan pentingnya mentaati protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran COVID-19.

Warga yang ditemui organisasi ini diberi arahan agar senantiasa selalu menggunakan masker setiap hendak keluar rumah, seperti saat hendak berbelanja ke pasar atau toko, atau bepergian ke daerah lain.

"Kenapa saat protokol kesehatan ini penting, karena jenis penyakit yang kita hadapi sekarang, tidak diketahui, dan kita tidak tau siapa yang telah tertular diantara kita," kata Budi.

Oleh karenanya, kata dia, disiplin mentaati protokol kesehatan penting, sebagai upaya untuk sama-sama menjaga diri agar tidak tertular COVID-19.

Selain memberikan paket sembako, RAPI juga membagikan masker dan meminta masyarakat agar selalu menggunakannya setiap hendak keluar rumah, sebagai bentuk antisipasi mencegah penyebaran COVID-19, demikian Budi Cahyono. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020