Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Senin, menyerahkan bantuan langsung tunai dana desa dan masker di aula kantor Bakorwil IV Pamekasan, Jawa Timur, sebagai upaya untuk mensukseskan gerakan Jatim Bermasker, serta memulihkan perekonomian masyarakat pedesaan.

Selain menyerahkan BLT-DD dan masker, Gubernur juga menyerahkan bantuan ventilator kepada tiga rumah sakit di Pulau Madura, yakni RSDU Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan, RSUD Sampang, dan RSUD dr. Moh Anwar, Sumenep.

"RSUD Pamekasan tidak mendapatkan bantuan, karena setelah kami cek, persediaan ventilator di RSUD Pamekasan masih banyak," kata Khofifah.

Bantuan ventilator ketiga rumah sakit umum daerah di Madura tersebut, yakni RSUD Bangkalan, Sampang, dan Sumenep masing-masing 2 unit, sedangkan bantuan masker semuanya berjumlah 8 ribu masker.

Bantuan masker ini diserahkan kepada koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) tingkat kabupaten, dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Sementara penyerahan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) kepada 5 perwakilan keluarga pemerima manfaat (KPM), dan bantuan modal untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kepada dua desa, yakni Desa Bajang, Kecamatan Pakong, dan Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, masing-masing Rp50 juta.

Dalam kesempatan itu, Khofifah juga menyampaikan arahan Presiden RI Joko Widodo tentang pemberian bantuan kepada warga terdampak Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) agar tidak telat.

"Presiden minta agar bantuan ini bukan sekadar terkirim, akan tetapi harus sudah diterima oleh penerima manfaat," ujar Khofifah.

Sementara itu, terkait bantuan modal untuk BUMDes di dua desa di Kabupaten Pamekasan, Gubernur Jatim menyatakan untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi masyarakat desa.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa datang ke Pamekasan didampingi Kepada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dr Herlin Ferliana, dan sejumlah staf dinas di lingkungan Pemprov Jatim.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bakorwil IV Pamekasan Alwi Beik menyambut langsung kedatangan orang nomor satu di lingkungan Pemprov Jatim tersebut.

Kegiatan penyerahan bantuan oleh Gubernur Jatim di aula Bakorwil IV Pamekasan ini dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan ketat, seperti menjaga jarak fisik antar peserta, menggunakan masker, dan hadirin harus mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir sebelum masuk ruang pertemuan.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020