BNI Syariah Surabaya Dharmawangsa menggandeng perusahaan pengembang PT Sami Karya guna membangun perumahan di Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan Branch Manager BNI Syariah Surabaya Dharmawangsa Utama Ramadhan Djanis dan Direktur PT Sami Karya Sampur Utama.

Branch Manager BNI Syariah Surabaya Dharmawangsa Utama Ramadhan Djanis mengemukakan BNI Syariah secara resmi telah ditunjuk sebagai bank penyalur KPR Syariah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tahun 2020 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).  

"Dalam pembiayaan perumahan program FLPP ini, sebagai hasanah banking partner, BNI Syariah berkomitmen untuk mewujudkan impian masyarakat memiliki rumah, khususnya konsumen yang berkeinginan memiliki rumah idaman yang nyaman, tentram dan harga terjangkau sesuai prinsip syariah, sehingga insya-Allah berkah," kata Utama Ramadhan dalam keterangannya di Jombang, Rabu.

Perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah tersebut diberi nama Permata Alam Jombang yang dibangun di Dusun Nglaban, Desa Bendet, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. 

PT Sami Karya selaku pengembang rencananya membangun kawasan perumahan tersebut sebanyak 71 unit di area tanah seluas 7.000 meter persegi dan harga rumah juga akan disesuaikan dengan dipatok mulai Rp150,5 juta per unit. Dari kerja sama tersebut, potensi bisnis diperkirakan mencapai Rp5,13 miliar.

Utama Ramadhan juga berharap ke depan dapat melakukan kerja sama dengan para pengembang lainnya guna memperluas penyediaan perumahan program FLPP, khususnya bagi masyarakat di Jombang dan sekitarnya. 

Ia juga menambahkan kuota program FLPP BNI Syariah pada 2020 sejumlah 1.750 unit atau setara dengan Rp178,7 miliar. Diharapkan kuota tersebut dapat terserap semuanya sebelum akhir 2020.

Pada triwulan I tahun 2020, outstanding pembiayaan untuk KPR BNI Syariah khususnya BNI Griya Hasanah pada posisi Rp13,58 triliun dengan pertumbuhan 11,86 persen year on year.

Utama Ramadhan juga menambahkan BNI Syariah juga menyediakan fasilitas pembiayaan BNI Griya iB Hasanah Sejahtera Syariah untuk nasabah dengan maksimum pembiayaan Rp142.5 juta dengan angsuran tetap. 

Selain itu, nasabah juga bebas biaya administrasi, bebas biaya provisi, bebas biaya appraisal, bebas denda serta bebas penalti. Jangka waktu pembiayaan juga cukup fleksibel sampai 20 tahun untuk nasabah fix-income.

Pada 2020, BNI Syariah juga mengusung tema strategis Embracing New Opportunities sehingga BNI Syariah juga siap meraih peluang-peluang baru untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis, salah satunya melalui bisnis konsumer terutama BNI Griya iB Hasanah Sejahtera Syariah.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020