Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) memiliki nakhoda baru setelah dilaksanakan serah terima jabatan Komandan Kodikopsla dari Komandan Kodiklatal yang diwakili Wadan Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman M.Si (Han) kepada Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi.

Keterangan tertulis dari Bagpen Kodiklatal menyebutkan upacara sertijab tersebut dilaksanakan di Gedung Bima Sakti Kesatrian Kodikopsla, Ujung, Surabaya, Rabu.

Jabatan Komandan Kodikopsla ini sebelumnya kosong karena pejabat lama harus menempati jabatan baru, sedangkan penggantinya belum ada. Laksma TNI Agus Hariadi sebelum menjabat Komandan Kodikopsla adalah Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak.
   
Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodiklatal menyampaikan bahwa serah terima jabatan pada hakikatnya merupakan dinamika dan kebutuhan organisasi guna menghasilkan kinerja yang lebih baik, responsif dan antisipatif dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin dinamis dan kompleks.

Amanah yang dipercayakan mengandung arti betapa besar dan tingginya harapan pemimpin TNI AL terhadap kapabilitas dan kompetensi pejabat yang ditunjuk dalam memenuhi  tugas dan tanggung jawabnya

Menurutnya, Kodikopsla sebagai unsur pelaksana Kodiklatal yang bertugas melaksanakan pendidikan lanjutan perwira, pendidikan ilmu kepelautan, pendidikan khusus pendidikan hidrografi oseanografi, dan pendidikan intelijen maritim dengan tugas tambahan melaksanakan pengkajian dan pengembangan doktrin pada tataran taktik operasi tempur laut, serta mengoordinasikan, mengawasi, mengendalikan pusdik-pusdik di bawah kodikopsla dan membina kekuatan termasuk sarana dan prasarana pendukung organiknya

Kepada Laksma TNI Agus Hariadi, Dankodiklatal mengucapkan selamat datang di Kodiklatal dan selamat atas jabatan barunya sebagai Komandan Kodikopsla.

"Kepercayaan, kehormatan dan  penghargaan yang tinggi dari pemimpin TNI AL untuk menerima tugas dan tanggung jawab jabatan strategis ini, hendaknya dapat memacu semangat berprestasi lebih baik lagi demi keberhasilan tugas pokok Kodiklatal," ucapnya.

Pewarta: DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020