PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun melakukan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang guna mencegah kecelakaan yang melibatkan kereta api dengan pengguna jalan yang masih sering terjadi.

Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan sosialisasi dilakukan dengan menggandeng komunitas pecinta kereta api "Railfans Daop Pitoe" (RDP). Adapun sosialisasi dilakukan di Jalan Perlintasan Langsung (JPL) No 138 Jalan Yos Sudarso yang masih berada di emplasemen Stasiun Madiun pada hari Senin (17/8/2020) yang juga sekaligus dalam rangka peringatan ke-75 HUT Kemerdekaan RI.

"PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun rutin melakukan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang. Kali ini, kami berkolaborasi dengan komunitas pecinta kereta api "Railfans Daop Pitoe" untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga keselamatan di perlintasan," ujar Ixfan Hendriwinto dalam keterangannya di Madiun, Rabu.

Menurut dia, sosialisasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan perjalanan KA dan pengguna jalan. Kegiatan sosialisasi tersebut juga dihadiri oleh Plt Deputy Vice Presiden Daop 7 Madiun Endra M Harahap yang menyampaikan apresiasinya serta ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang terlibat.

Lebih lanjut Ixfan menyampaikan, dalam kegiatan tersebut, para peserta membagi-bagikan stiker yang berisi imbauan untuk disiplin dalam berlalu lintas, termasuk juga saat melintas di perlintasan sebidang. 

Sesuai data, dalam kurun waktu tujuh bulan terakhir, telah terjadi sebanyak 27 kejadian kecelakaan di perlintasan di wilayah setempat, mulai dari kereta api tertemper kendaraan, pejalan kaki, hingga palang pintu yang ditabrak oleh pengguna jalan.

Sosialisasi juga dilakukan tentang protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19, terutama di stasiun dan dalam kereta. Para peserta membagi-bagikan masker kepada pelanggan KA dan pekerja yang saat itu sedang bertugas di Stasiun Madiun.

Kegiatan tersebut mendapat atensi dan apresiasi dari pelanggan KAI, mengingat di masa pandemi COVID-19 alat pelindung diri berupa masker sangat dibutuhkan. Hal itu juga selaras dengan  imbauan yang digaungkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. 

Pihaknya berharap dengan seringnya sosialisasi yang dilakukan tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan perjalanan kereta api dan pengguna jalan di perlintasan sebidang.

"Selain itu juga mendukung kampanye kebiasaan memakai masker untuk memutus penyebaran COVID- 19," katanya. (*)

 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020