Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1441 Hijriah di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Jumat, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat mulai dari luar hingga dalam kompleks tersebut.

Pantauan ANTARA di Masjid Al Akbar Surabaya, jamaah mulai berdatangan sejak pukul 05.00 WIB dan seluruhnya menggunakan masker serta berkartu identitas yang didapat setelah mendaftar daring sejak awal Juli 2020.

“Ini bagus dan jamaah bisa nyaman melaksanakan ibadah karena protokol kesehatannya ketat,” ujar salah seorang anggota jamaah, Faishal, ditemui sebelum Shalat Id.

Di luar masjid, parkir kendaraan roda empat ditempatkan petugas di sepanjang jalan mengitari masjid serta lapangan yang lokasinya berdekatan, sedangkan sepeda motor disediakan parkir di area masjid.

Petugas yang terdiri atas panitia, Satpol PP, Polri, dan TNI sudah berjaga sejak di depan masjid, kemudian mengarahkan jamaah yang datang menuju pintu masuk sesuai warna pada kartu identitas.

Sebelum masuk, jamaah diberi kantong plastik untuk tempat sandal agar dibawa masuk sekalian, diberi cairan pembersih tangan, lalu diukur suhu badan dan wajib melintasi bilik sterilisasi serta disemprot disinfektan otomatis.

Di dalam masjid, jamaah diarahkan petugas menempati saf shalat yang sudah diberi tanda dan jaraknya dua meter.

Pimpinan Humas Masjid Al Akbar Surabaya Helmy M Noor menyampaikan jumlah tempat yang disediakan untuk umat Shalat Id hanya 5.000 orang, sedangkan kapasitasnya 40.000 orang.

“Sesuai pada proses pendaftaran, Shalat Idul Adha di Masjid Al Akbar hanya diikuti 2.691 jamaah laki-laki dan 2.309 jamaah perempuan sebagai upaya penerapan protokol kesehatan,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, bertindak sebagai khatib Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama RI (Kakanwil Kemenag) Jatim Ahmad Zayadi dengan tema "Ibadah Qurban untuk Meningkatkan Solidaritas Kemanusiaan".

Bertindak sebagai imam H.A. Muzakki yang merupakan imam besar Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

Turut hadir sebagai jamaah Shalat Id yakni Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, pejabat forkopimda, serta sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim.

Pada Idul Adha tahun ini, Masjid Al Akbar Surabaya menerima 26 ekor sapi dan 70 ekor kambing, yang di antaranya sumbangan seekor sapi jenis peranakan Ongole seberat 1,04 ton dari Presiden RI Joko Widodo. (*)
 

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020