Sebanyak 97 orang perwira remaja lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke- 65 resmi menyandang pangkat Letnan Dua TNI setelah dilantik secara virtual melalui Upacara Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri tahun 2020. 

Dari Istana Negara Jakarta, Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara menitipkan masa depan bangsa Indonesia kepada para perwira tersebut.

"Kita harus mempersiapkan diri untuk menjawab tantangan teknologi yang semakin berkembang," tuturnya, sebagaimana disaksikan para perwira remaja lulusan AAL yang mengikuti upacara di Lapangan Banda AAL, Kesatrian Bumimoro, Surabaya, Selasa.

Sebanyak 97 orang perwira remaja AAL angkatan ke- 65 yang telah menyandang pangkat Letnan Dua TNI itu terdiri dari 87 putra dan 10 putri. 

Pelaksanaan upacara tersebut juga diikuti secara virtual oleh 254 perwira remaja Akademi Militer, yang terdiri dari 234 putra dan 20 putri, 106 perwira remaja Akademi Angkatan Udara (96 putra dan 10 putri), serta 293 perwira remaja Akademi Kepolisian (244 putra dan 29 putri), dari lingkungan kampusnya masing-masing. 

Turut mendampingi perwira remaja AAL saat pelaksanaan upacara di Lapangan Banda Bumimoro Surabaya, di antaranya Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, Pangdam V/ Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iryansyah, dan Kapolda Jatim Inspektur Jenderal Polisi Muhammad Fadil Imran. 

Pelaksanaan upacara di Lapangan Banda Bumimoro Surabaya turut dimeriahkan penampilan drum band Genderang Suling Gita Jala Taruna yang dimainkan oleh taruna AAL tingkat II angkatan ke- 66. 

Selain itu beberapa alutsista TNI AL turut melatar belakangi upacara di Lapangan Banda Bumimoro Surabaya, di antaranya Helikopter AS565 MBE Panther dari Skuadron 400 Puspenerbal Juanda, 2 unit Ranpur BMP-3F dan dua unit Ranpur PT-76 M dari Resimen kavaleri Korps Marinir.  

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020