PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun membagikan ratusan paket sembako bagi warga di wilayah kerjanya yang terdampak wabah COVID-19.

Manager Humas Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan, pembagian paket sembako tersebut guna mengurangi beban yang dirasakan masyarakat atas mewabahnya COVID-19, terlebih pada bulan Ramadhan.

"Pembagian sembako gratis ini juga merupakan program rutin corporate social responsibilty KAI pada setiap bulan suci Ramadhan. Tujuannya membantu meringankan beban saudara-saudara kita, apalagi saat ini kondisi masyarakat sedang mengalami pandemi COVID-19," ujar Ixfan di sela kegiatan pembagian sembako di wilayah Wonoasri, Kabupaten Madiun, Kamis.

Menurut dia, untuk di wilayah Daop 7 Madiun, jumlah bantuan sembako yang dibagikan mencapai sebanyak 700 paket, dengan nominal tiap paket mecapai Rp100 ribu. Masing-masing paket berisikan beras 5 kilogram, minyak goreng 1 liter, dan gula pasir 2 kilogram.

"Total bantuan yang kita bagikan kepada masyarakat sejumlah Rp70 juta," kata Ixfan.

Selain di Daop 7 Madiun, lanjutnya, pembagian paket sembako bagi warga terdampak COVID-19 juga secara serentak dilakukan di 15 wilayah kerja PT KAI (Persero) yang berada di Jawa dan Sumatera dengan jumlah sembako yang dibagikan mencapai 10.000 paket senilai Rp1 milliar.

"Paket sembako ini kita bagikan untuk masyarakat kurang mampu dan mereka yang ekonominya terdampak akibat adanya pandemi COVID-19, termasuk juga petugas di stasiun seperti petugas sekuriti, kebersihan, dan porter," katanya. 

Ixfan menambahkan, Daop 7 Madiun juga membagikan bantuan sembako gratis sebanyak 140 paket yang diberikan kepada warga membutuhkan di sekitar Kota Madiun pada Rabu (22/4). Adapun pembagian paket sembako tersebut merupakan bentuk empati karyawan dan karyawati Daop 7 Madiun yang secara sukarela mengumpulkan donasi untuk warga membutuhkan.

Ixfan menambahkan penyaluran bantuan sembako gratis tersebut juga sesuai dengan slogan yang telah dicanangkan oleh Kementerian BUMN bahwa "BUMN Untuk Indonesia". Dimana kehadiran PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun melalui bantuan paket sembako gratis dapat meringankan beban warga membutuhkan, terutama di saat pandemi Corona

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020