Calon petahana Zulkifli Hasan kembali terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025.

Hal ini berdasarkan hasil rekapitulasi suara pemilihan pada Kongres V PAN di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa malam.

Mantan Ketua MPR RI ini menang dengan meraih dukungan 331 suara, dari total 563 suara sah pada kongres tersebut.

Baca juga: Kongres PAN memanas, kubu Mulfachri dan Zulhasan nyaris bentrok

Berbeda dengan lawan beratnya, yaitu Mulfachri Harahap yang mendapatkan dukungan 225 suara. Sementara calon ketua lainnya, Dradjad Wibowo, hanya mendapatkan dukungan enam suara, kemudian jumlah suara yang tidak sah ada tiga.
Zulkifli Hasan (empat kiri) saat memberikan pernyataan setelah terpilih kembali sebagai ketua umum DPP PAN periode 2020-2025. Hasil penghitungan akhir Zulhas mendapat 331 suara dari 563 suara sah. (ANTARA/Harianto)


Dengan kemenangan ini, Zulkifli Hasan akan memimpin kembali PAN selama lima tahun ke depan (2020-2025).

Kongres PAN berlangsung menegangkan, karena sempat diwarnai kericuhan, baik di dalam ruang kongres maupun di luar hotel tempat kongres tersebut.

Kubu pendukung Zulkifli Hasan dan Mulfachri Harahap sempat terlibat cekcok dan pergesekan fisik hingga tindakan lempar kursi. Akibatnya, terdapat beberapa peserta kongres yang mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit.

Baca juga: Ricuh, kubu Mulfachri-Zulkifli saling lempar kursi di ruang sidang Kongres PAN

Pewarta: Muhammad Harianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020