Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Jember, Jawa Timur, melambung hingga mencapai Rp80.000 per kilogram karena stok terbatas dan pasokan berkurang.

"Stok cabai di pasar tradisional menipis dan pasokan dari petani juga berkurang, sehingga menyebabkan harga berbagai jenis cabai merangkak naik," kata salah seorang pedagang cabai, Hadi di Pasar Tanjung Jember, Minggu.

Pantauan di lapangan, harga cabai rawit di Pasar Tanjung mencapai Rp76.000 ribu per kilogram dan cabai merah besar Rp70.000 per kilogram, sedangkan harga cabai rawit di Pasar Kreyongan tembus Rp80.000 per kilogram dan cabai merah besar Rp65.000 per kilogram.

Hadi mengatakan para pedagang tradisional di Jember terpaksa membeli cabai dari luar kota seperti Pulau Madura dan Kabupaten Situbondo karena stok cabai dari petani Jember tidak ada.

"Untuk memenuhi kebutuhan cabai di Jember, para pedagang harus membeli cabai dari Situbondo dan Madura, namun jumlahnya tidak banyak karena stoknya juga dibagi ke beberapa daerah lain," tuturnya.

Ia menjelaskan harga cabai di pasar tradisional diprediksi terus naik, apabila pasokan komoditas tersebut terus berkurang di pasaran akibat banyak lahan pertanian cabai di Jember yang gagal panen.

"Tidak menutup kemungkinan harga komoditas cabai akan terus bergerak naik, namun kami berharap mudah-mudahan kenaikannya tidak seperti tahun-tahun lalu yang menembus Rp100.000 hingga Rp125.000 per kilogram," katanya.

Ia mengatakan banyak pembeli yang mengeluhkan naiknya harga cabai tersebut dan mengurangi pembelian, sehingga hal tersebut juga berdampak pada pendapatan para pedagang di pasaran.

"Konsumen juga mulai mengurangi pembelian hampir 50 persen karena harganya yang masih tinggi. Biasanya konsumen yang membeli lima kilogram, kini hanya membeli 2-3 kilogram saja," ujarnya.

Menurut dia, para pedagang juga tidak membeli cabai dengan stok banyak karena komoditas tersebut mudah busuk saat tidak laku dan hal itu dilakukan untuk menghindari kerugian yang besar, sehingga pedagang membeli stok cabai sesuai permintaan pasar.

Sementara itu, berdasarkan data harga di Pasar Tanjung, harga beras masih terpantau cukup stabil di kisaran Rp9.500 hingga Rp12.000 per kilogram, kemudian gula pasir Rp13.000 per kilogram, telur ayam ras Rp21.000 per kilogram, bawang merah Rp34.000 per kilogram, dan bawang putih Rp28.000 per kilogram.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020