Ribuan wisatawan dari berbagai daerah mengunjungi Pantai Tanjung Pasir Putih Malikan (Papuma) di Kabupaten Jember, Jawa Timur saat libur Tahun Baru 2020, Rabu.

"Kunjungan wisatawan hari ini hingga pukul 09.30 WIB sudah tercatat sebanyak 2.500 pengunjung yang masuk Pantai Papuma, sehingga diprediksi jumlah tersebut terus bertambah dan terjadi antrean di loket pintu masuk," kata Senior Duty Manager Wana Wisata Tanjung Papuma Suharno di Jember.

Menurutnya sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke pantai yang berada di Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember itu berasal dari luar kota seperti Kota Surabaya, Malang, dan berbagai kabupaten di sekitar Kabupaten Jember berdasarkan nomor polisi kendaraan yang dibawa wisatawan.

"Pada saat malam pergantian tahun pada Selasa (31/12) malam, seluruh kamar penginapan sebanyak 16 kamar di Pantai Papuma juga penuh dan sebagian besar sudah dipesan seminggu yang lalu," tuturnya.

Wisatawan yang memesan kamar penginapan di Papuma secara mendadak pada Senin (30/12) atau Selasa (31/12) terpaksa ditolak karena seluruh kamar sudah terisi penuh pada malam pergantian tahun 2019 ke tahun 2020.

"Kunjungan wisatawan pada pergantian malam tahun baru terbilang sepi di Papuma karena berdasarkan data tercatat sejak Selasa (31/12) sore hingga Rabu ini pukul 00.00 WIB sekitar 450 orang saja yang berkunjung, namun pada pagi hari ini kunjungan wisatawan membeludak," katanya.

Ia menjelaskan kunjungan wisatawan di Pantai Papuma selama libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mengalami peningkatan, sehingga jumlah personel petugas di kawasan objek wisata juga ditambah dengan mendapat bantuan dari Polri dan TNI, serta berbagai elemen masyarakat.

Objek wisata Pantai Papuma merupakan salah satu destinasi wisata primadona di Kabupaten Jember karena memiliki pemandangan yang indah dan eksotis di kawasan pesisir pantai selatan, sehingga banyak wisatawan yang datang dari luar daerah memadati pantai yang berada di Kecamatan Wuluhan tersebut.

Wisatawan bisa melihat keindahan Pantai Papuma dan sekitarnya dari lokasi Siti Inggil (tanah tinggi) yang sudah dibuat oleh pihak pengelola Perum Perhutani yang berada pada ketinggian 100 meter dari permukaan laut, bahkan ada spot swafoto atau "selfi deck" di Siti Inggil untuk melihat keindahan Samudera Hindia.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020