Ubi jalar atau telo merupakan sumber makanan yang mudah dijumpai di sejumlah daerah di Indonesia, karena cara menanamnya sangat mudah dan sering dikonsumsi oleh masyarakat karena harga ubi jalar di pasar tradisional cukup terjangkau.

Kemudahan untuk mendapatkan telo tersebut membuat masyarakat berlomba-lomba untuk membuat aneka kudapan dan makanan berbahan baku ubi jalar tersebut karena rasanya juga enak, serta bahan baku telo yang harganya murah meriah.

Selain itu, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari ubi jalar itu, salah satunya telo kaya akan antioksidan dan kandungan itu semakin tinggi bila warna ubi jalar semakin pekat.

Ubi jalar juga bermanfaat untuk membantu kekebalan tubuh, mengatasi peradangan, mengatasi bronkitis dan asma, membantu atasi kanker, dan sumber karbohidrat bagi penderita diabetes.

Membuat kudapan atau cemilan dari telo sudah biasa ditemui di sejumlah daerah. Nah, kini telo juga bisa dibuat sebagai pelengkap sambal yang super pedas di Kantin Rest Area Sukosari Park di Kabupaten Lumajang milik Rochimawati, yang akrab dipanggil Atiek.

"Telo biasanya dibuat sebagai kudapan atau snack menemani minum teh atau kopi, sehingga saya ingin membuat olahan dari telo yang beda dari biasanya, yakni dibuat sambal yang bisa dibuat untuk teman nasi," kata Atiek.

Sambel telo tersebut berisi ikan teri, pete, kacang tanah, dan telo yang dicampur dengan sambal seperti biasanya dengan campuran rempah alami yang berkualitas.

Tidak perlu menambah lauk apabila memesan menu sego (nasi) sambal telo, karena di dalam sambal tersebut sudah ada ikan teri yang juga maknyus disajikan dengan nasi putih hangat.

"Harga menu sego sambal telo cukup terjangkau yakni Rp10 ribu per porsi dan dijamin rasanya pasti 'meledak', karena memang dibuat khusus untuk penyuka rasa pedas," tuturnya.

Di Kantin Sukosari Park juga ada menu lainnya yang bisa dipesan, di antaranya sego bakmoy dan sego kelor dengan berbagai minuman seperti kelapa muda, beras kencur, dan kunci jahe yang bisa dinikmati bersama keluarga tercinta atau teman-teman.

Nah, bagi anda yang kebetulan singgah di Kabupaten Lumajang dan penyuka makanan pedas, tidak ada salahnya untuk mencicipi sego sambal telo di warung Bu Atiek yang berada di Sukosari Park, karena dijamin rasanya pasti maknyus dan super pedas.
 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019