Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan sinkronisasi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka mencari solusi terkait keluhan isu-isu pertanian dan kemaritiman di wilayah setempat dalam rangka percepatan jawaban aspirasi rakyat.

"Di Jatim masih banyak keluhan, terlebih mayoritas rakyatnya adalah petani dan nelayan," ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR RI sekaligus pimpinan rombongan, Hasan Aminuddin, di sela kunjungan kerja ke Kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan Surabaya, Kamis.

Para anggota Komisi IV yang hadir ditemui Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, serta sejumlah pimpinan perusahaan BUMN yang memiliki keterkaitan dengan lingkup kerja di bidang pertanian hingga kelautan.

Politikus asal Partai NasDem itu berharap usai pertemuan bisa terjawab keluhan-keluhan yang selama ini muncul, bahkan mampu membuat bagaimana rakyat Jatim, khususnya nelayan dan petani tersenyum.

"Nantinya, percepatan maupun solusinya seperti apa dan bagaimana harus segera dibahas, ataukah semacam kebijakan yang diusung bersama. Sebab ada APBD Kabupaten/Kota, Provinsi dan APBN yang dikawal anggota DPR RI asal dapil Jatim," ucapnya.

Sementara itu, Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak menyambut baik delegasi Komisi IV DPR RI ke Jatim beserta BUMN-BUMN terkait dan diharapkan terjadi pendekatan berbeda untuk mengatasi sebuah masalah.

"Ini yang harus digali. Karena itu, diskusi ini akan berlanjut. Nanti diskusi dengan dinas terkait. Komisi IV, Bulog, Perhutani, perusahaan pupuk dan lain-lain. Ini kesempatan Jatim bisa bersinergi dengan mereka," tuturnya.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019