Pergelaran Konferensi Big Data Indonesia 2019 yang digelar di Surabaya berpotensi menyatukan teknologi big data dan pelanggan secara nasional, sehingga akan membuat semakin banyak orang terhubung melalui internet, kata salah direktur perusahaan teknologi di Indonesia.

"Implementasi big data di Indonesia akan terus tumbuh, bahkan sangat cepat karena semakin banyak orang akan terhubung melalui internet dan semakin cepatnya akses internet. Hal ini tentu akan membuat lebih banyak perusahaan bergabung dengan bidang ini dan berpotensi menyatukan teknologi big data dan analitik pelanggan," kata Direktur PT Envy Technologies Indonesia Tbk, Mahendra MSC di Surabaya, Selasa.

Mahendra dalam acara ”Konferensi Big Data Indonesia 2019” di Bumi Surabaya City Resort, Surabaya, mengatakan, pertemuan beberapa tren termasuk meningkatnya migrasi kegiatan sosial ekonomi ke internet kini mengarah pada generasi dan penggunaan volume data yang sangat besar, dan disebut sebagai "big data" atau data besar.

Kumpulan data besar ini menjadi aset inti dalam perekonomian dan akan mendorong industri, proses, serta produk baru sehingga menciptakan keunggulan kompetitif yang signifikan.

"Kombinasi antara big data dan keahlian untuk menganalisis data akan membantu perusahaan dalam menemukan kunci untuk meningkatkan akurasi dalam analisis masalah bisnis dan efektivitas dalam berbagai keputusan strategi bisnis," katanya.

Sementara itu, Konferensi Big Data Indonesia merupakan kegiatan konferensi big data tahunan di Indonesia yang diselenggarakan oleh Komunitas Big Data Indonesia, idBigData, yang berkerja sama dengan berbagai vendor teknologi, perusahaan pengguna big data, pemerintah, lembaga penelitian, perguruan tinggi, dan komunitas.

Konferensi Big Data Indonesia 2019 merupakan konferensi yang ke-5 kalinya diselenggarakan sejak tahun 2014. Kegiatan ini salah satunya bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Indonesia mengenai konsep, teknologi, dan penerapan big data serta data science.

Pada kesempatan itu, PT Envy Technologies Indonesia Tbk bersama SOLUSI247 (S247) meluncurkan Indonesian Big Data for Sustainable Well Being Initiative. S247 merupakan salah satu perusahaan penyedia IT solution dari Indonesia yang berbasis di Jakarta dan berfokus pada pemrosesan data skala besar, sistem manajemen basis data relasional, serta pemrosesan file data paralel dan terdistribusi secara masif.

Tujuan dari kerja sama strategis ini adalah ENVY dan S247 akan mendesain, mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi big data berkecerdasan buatan (Artificial Intelligence), IoT (Internet of Thing), teknologi blockchain, keamanan siber untuk big data, serta untuk mempromosikan hasil produk-produk kerja sama tersebut di negara-negara anggota ASEAN bersama Indonesian Big Data for Sustainable Well Being Initiative.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019