"Jember Army Festival" memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang digelar selama sepekan pada 5-13 Oktober 2019.

"Kami menggandeng TNI yang ada di Jember untuk menggelar Jember Army Festival dan hal itu penting karena TNI harus ada di tengah masyarakat, sehingga masyarakat tidak boleh asing dengan kekuatan TNI," kata Bupati Jember Faida di Jember, Sabtu.

Alutsista dimiliki TNI yang dipamerkan dalam kegiatan itu beragam di antaranya unit tank jenis Anoa yang didatangkan dari Kompi Kavalery 8 Malang, tank Marder, MLRS Astros milik kesatuan Arhanud, tank Leopard dari Batalyon Kavalery 8 Pasuruan, senjata api serbu, hingga pernak-pernik yang biasa diggunakan anggota TNI.

Baca juga: Gartap III Surabaya pameran alutsista di Bumimoro

Menurutnya TNI sudah terbukti menjadi kebanggaan masyarakat, namun masih banyak yang belum dekat dengan institusi kebanggaannya itu, sehingga perlu masyarakat mengenal alutsista TNI.

"HUT TNI bukan hanya milik TNI, tetapi milik masyarakat karena TNI sudah menjadi kebanggaan masyarakat," ucap bupati perempuan pertama di Jember itu.

Ia menjelaskan Jember Army Festival digelar sebagai tanda Kabupaten Jember adalah kota prajurit, juga diharapkan masyarakat, mahasiswa, dan pelajar, dan santri bisa mengetahui lebih dekat kekuatan TNI yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

"Saya berharap TNI semakin profesional dan dekat dengan rakyat, serta bersama-sama membangun Indonesia bersama masyarakat, sehingga sinergi yang telah terajut bertahun-tahun di Jember diharapkan ke depan semakin meningkat," tuturnya.

Baca juga: Kapolres Lumajang beri kejutan jajaran Kodim saat HUT TNI

Keberadaan TNI di Jember, lanjut dia, sangat membantu Pemerintah Kabupaten Jember karena TNI menjadi bagian dari sinergi yang tidak terpisahkan dalam pembangunan.

"Banyak kesulitan yang terselesaikan, termasuk membangun infrastruktur di pelosok Jember dan untuk hal yang paling sulit di medan yang terberat, TNI selalu terdepan," katanya.

Sementara Komandan Brigade Raider 9 Darakayuda Jember Letkol Inf Andreas Nanang Dwi Prastowo mengatakan salah satu pertanggungjawaban TNI adalah menampilkan kemampuan di masyarakat.

Baca juga: Presiden: TNI harus dapat adaptasi teknologi baru

"TNI saat ini sudah memiliki berbagai macam senjata modern dan berkelas dunia, sehingga hal itu yang perlu kami sosialisasikan kepada masyarakat Jember, agar percaya kepada TNI," katanya.

Tentang sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jember, Danbrig mengatakan TNI berasal dari rakyat serta bekerja untuk rakyat dan negara, sehingga pihaknya akan selalu mendukung program pemerintah daerah.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019