Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, perpanjang kerja sama dengan yayasan kemanusiaan yang bergerak di bidang kesehatan, yakni John Fawcett Foundation (JFF).

Yayasan John Fawcett Foundation bekerja sama dengan Pemkab dan Palang Merah Indonesia Banyuwangi, selama ini rutin menggelar operasi mata katarak dan pemberian kacamata, serta pemeriksaan mata gratis untuk masyarakat Banyuwangi.

Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra Pemkab Banyuwangi, Suyanto Waspo Tondo mengatakan kerja sama bidang pelayanan kesehatan mata ini telah dilaksanakan sejak 2014, dan tercatat sebanyak sekitar 29 ribu lebih warga Banyuwangi yang telah memanfaatkan layanan itu.

"Program ini telah berjalan dengan baik di Banyuwangi, dan mendapat sambutan yang positif dari warga Banyuwangi. Melihat begitu banyaknya warga yang memanfaatkan layanan ini, kami telah memperpanjang kerja sama dengan yayasan JFF," katanya di Banyuwangi, Kamis.

Pemkab Banyuwangi dan John Fawcett Foundation sejak 17 hingga 21 September 2019 tengah menggelar kegiatan sosial, ini meliputi pemberian kacamata dan pemeriksaan mata gratis pada 2000 orang serta operasi mata katarak sebanyak 300 orang.

"Biasanya, mereka melakukan layanan satu tahun sekali, namun khusus tahun ini digelar selama dua kali, selain bulan ini juga digelar pada bulan Maret lalu. Jadi lebih banyak warga yang tertangani," kata Yayan panggilan akrabnya.

Yayasan JFF sendiri didanai oleh lembaga donor asal Australia, Reliable Foundation. Pada pelaksanaan kegiatan saat ini, para pendonor yang tergabung dalam Donatur Reliable Foundation (DRF) turut hadir di Banyuwangi untuk melihat langsung pelaksanaan kegiatan sosial ini.

Rombongan ini dipimpin langsung oleh Patel, pimpinan relawan DRF, dan kedatangan mereka untuk melihat langsung pelaksanaan layanan kesehatan mata yang dilakukan oleh JFF, PMI, dan tim kesehatan Banyuwangi.

"Tujuan kami kemari ingin membantu menyelamatkan orang-orang yang punya permasalahan dengan indera penglihatannya, dan Kami ingin memastikan warga mendapatkan penanganan dengan baik," kata Patel. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019