Siswa Sekolah Al Muslim Sidoarjo Jawa Timur mengkampanyekan budaya literasi dan juga memberikan donasi buku, dalam rangka memperingati Hari Aksara 2019 atau literasi yang diperingati setiap tanggal 8 September.

Kepala sekolah TK Al Muslim Sidoarjo, Siti Aminah, Jumat, di Sidoarjo mengatakan dipilihnya kegiatan kampanye literasi adalah untuk mendukung penguatan membaca pada anak-anak usia dini, sedangkan kegiatan safari sosial bertujuan melatih rasa empati siswa sejak dini.

"Untuk lebih memberi kesan mendalam tentang kegiatan kampanye literasi dan safari sosial, kami sengaja memilih tempat pelaksanaan kegiatan ini di luar kelas sekolah. Tepatnya, diadakan di Kelompok Bermain (KB) Al Huda Desa Brebek, Sidoarjo " katanya.

Kegiatan memperingati Hari Aksara, kata dia, juga diisi dengan aksi donasi buku cerita anak, perlengkapan sekolah, dan sejumlah alat bermain edukatif (APE) serta mengajak membaca buku para guru, wali murid, dan siswa KB Al Huda Brebek.

"Kami mengingatkan pentingnya membiasakan membacakan buku kepada anak sejak dini karena hal ini dapat meningkatkan hubungan emosional antara anak dan orang tua atau guru dan meningkatkan kemampuan bahasa anak," katanya.

Dalam kegiatan itu, seluruh siswa menyaksikan gaya salah satu guru, Umi Chulsum menggunakan boneka acil mendongeng tentang menanamkan karakter jujur dan suka membaca.

Salah satu siswa TK Al Muslim, Nafisa Rizwana Abadi membacakan buku cerita kepada Nadisa Haromi Zain salah satu siswa KB Al Huda.

Nur Fadhilah selaku ketua panitia berharap seluruh kegiatan pembelajaran kreatif ini dapat memotivasi para orang tua khususnya dan masyarakat umumnya mau membiasakan membacakan buku kepada anaknya dan mengajak belanja buku. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019