Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan pelayanan reservasi tiket KA Lokal di wilayah Daop setempat kini hanya dapat dilakukan melalui aplikasi "KAI Access".

Pemberlakuan kebijakan baru perihal pelayanan reservasi tiket KA Lokal tersebut  mulai keberangkatan tanggal 1 September 2019.

"Pelayanan reservasi KA lokal melalui KAI Access dapat dilakukan mulai H-7 hingga 5 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta," ujar Ixfan melalui siaran persnya di Madiun, Jumat.

Karena hanya dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, maka penjualan tiket KA lokal di loket stasiun hanya berlaku untuk pembelian secara "Go-Show" (mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan). Itu pun apabila tempat duduk masih tersedia.

"Adapun kereta api lokal yang beroperasi di Daop 7 Madiun adalah KRD relasi Kertosono–Surabaya dan KA Dhoho–Penataran relasi Surabaya-Kertosono–Blitar PP," kata dia.

Menurut dia, kebijakan baru perihal pelayanan reservasi tiket KA Lokal ini adalah untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada pengguna KA. Dengan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang dapat memesan tiket dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu ke stasiun.

"Selain itu, dapat merencanakan perjalanan jauh-jauh hari, serta mendapatkan kepastian tiket tanpa perlu antre di stasiun" katanya.

Untuk melakukan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang harus "mengupdate" atau memperbarui aplikasi KAI Accessnya menjadi versi terbaru. Lalu masuk ke menu Local Train untuk memilih stasiun keberangkatan dan tujuan serta jadwal keberangkatan KA.

Nantinya penumpang yang telah membeli tiket KA Lokal via KAI Access, tidak perlu lagi mencetak "boarding pass" di stasiun, melainkan cukup menunjukkan "E-Boarding Pass" yang ada di aplikasi KAI Access disertai kartu identitas asli saat "boarding".

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih detail terkait tata cara reservasi tiket KA Lokal via KAI Access serta informasi tentang KAI lainnya, dapat menghubungi Contact Center KAI di 121/021-121 (24 jam) atau mengunjungi petugas Customer Service yang ada di stasiun setempat.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019