Rumah Sakit Pelindo Husada Citra (PHC) Surabaya yang dikelola PT Pelindo III kini menerima pembayaran layanan kesehatan melalui LinkAja atau produk layanan pembayaran berbasis digital, sebagai bagian mendukung penerapan transaksi nontunai di Indonesia.

Direktur Utama PHC Group dr Agus Akhmadi di Surabaya, Rabu mengatakan inovasi pembayaran digital tersebut mengikuti kebutuhan di masyarakat yang ingin semakin nyaman melakukan transaksi pembayaran dengan uang elektronik. 

"Dengan aplikasi LinkAja, pasien dan keluarga ketika di RS PHC Surabaya dapat melakukan berbagai pembayaran dengan mudah dan bebas repot, beres tanpa cash," katanya.

Ia menjelaskan, pembayaran dengan LinkAja bisa dilakukan di antaranya layanan rawat jalan, farmasi hingga ke beberapa merchant bekerja sama dengan LinkAja di RS PHC Surabaya yang terletak di Jalan Prapat Kurung Selatan No 1 Surabaya.

"Nantinya, pembayaran dengan LinkAja di RS PHC Surabaya selain dapat dilakukan untuk layanan kesehatan, juga bisa dilakukan untuk pembayaran layanan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium dan radiologi, hingga pembelian di Cafe Pisang, Cafe D’Kalimas, hingga hingga pembayaran parkir kendaraan," katanya. 

Ia berharap, dengan layanan keuangan digital bisa memberikan layanan kesehatan yang terbaik, dan RS PHC akan terus berinovasi agar pelanggan dapat menikmati layanan terbaik dengan mudah.

Direktur Operasional dan Komersial Pelindo III, Putut Sri Muljanto mengatakan kemudahan pembayaran tersebut akan mempercepat proses transaksi, sehingga sangat mendukung layanan baru RS PHC Surabaya. Misalnya, layanan fasilitas Medical Check Up RS PHC Surabaya yang memiliki banyak pelanggan dari kalangan bisnis dan karyawan. 

"Mereka sadar untuk mengecek kondisi kesehatannya secara berkala, namun memiliki jadwal yang padat. Sehingga layanan kesehatan harus dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien," katanya.

Pelindo III, kata dia, secara umum mendukung penerapan transaksi nontunai di Indonesia, dan tidak hanya diterpkan pada sisi operasional kepelabuhanan, namun juga pada layanan kesehatan.

"Ini juga merupakan sinergi BUMN, karena selain LinkAja, di RS PHC Surabaya nantinya akan disokong oleh fasilitas jasa perbankan dari BNI 46. Jadi ini adalah upaya yang dimulai dari lingkungan BUMN sendiri," katanya. (*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019