Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, mendorong lembaga-lembaga koperasi yang ada di daerahnya untuk terus mengembangkan potensinya agar lebih mandiri dan otonom.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Indra Fauzy saat memimpin peringatan Hari Koperasi ke-72 di halaman Pemkab Tulungagung, Selasa.

"Kita semua berharap potensi koperasi saat ini mampu memulai gerakan koperasi yang otonom, namun koperasi harus tetap fokus diarahkan pada ciri-ciri universalitas, kebutuhan yang tinggi dan melibatkan partisipatif dari anggota," kata Indra Fauzy dalam pidato sambutannya mewakili Plt Bupati Tulungagung Maryoto Birowo.

Ia menambahkan, kemandirian dan otonomi dalam pengelolaan koperasi itu bisa diwujudkan berupa usaha jasa keuangan, pelayanan infrastruktur, jual-beli barang kebutuhan dengan pemanfaatan media elektronik maupun pemasaran daring di era milenial saat ini. 

Menilik kondisi yang ada saat ini, lanjut Indra, menurutnya tidak berlebihan jika penerintah daerah masih terus melakukan pembinaan dan memberikan perhatian agar koperasi tetap bisa eksis, mandiri dan berdaya saing.

Indra Fauzi mengatakan bahwa jumlah UMKM di Kabupaten Tulungagung sampai saat ini telah mencapai 123.528 unit usaha dengan omzet mencapai Rp1,6 triliun. 

Peredaran kapital perkoperasian di Tulungagung itu mengalami kenaikan sekitar 6 persen dari sebelumnya (2018) yang berkisar Rp1,5 Triliun. 
 
Sekda Tulungagung Indra Fauzy memimpin upacara peringatan Hari Koperasi ke-72 di halaman Pemkab Tulungagung, Selasa (31/7) (Ist/foto humas Pemkab Tulungagung)

Adapun sebagai wadah pembinaan dan pengembangan UMKM tersebut sejak 2014 telah terbentuk Forum Komunikasi UMKM di Kabupaten Tulungagung.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Forum Gerakan Koperasi yang telah berprestasi di tingkat nasional, yaitu KUD Tani Wilis Kecamatan Sendang menerima penghargaan Bhakti Koperasi tahun 2019. Selain itu juga beberapa koperasi pelaksana RAT terbaik tahun buku 2018 dan juga Koperasi Berprestasi Kabupaten Tulungagung Tahun 2019," katanya.

Ia menyampaikan pesan dan harapan agar ke depan dapat lebih meningkatkan kinerjanya dan dapat menjadi motivasi bagi koperasi-koperasi yang lain agar bisa meningkatkan prestasinya. 

Terakhir Indra juga mengucapkan selamat kepada penerima medali lencana emas sebagai pendonor darah yang telah memberikan peran sertanya untuk membantu sesama insan yang difasilitasi oleh PMI Kabupaten Tulungagung.

"Sebelum mengakhiri sambutan ini saya ingin mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama berperan secara aktif dalam mendorong dan mendukung pengembangan koperasi dan UMKM, agar bisa terus eksis, berkembang dan berdaya saing yang pada akhirnya Koperasi bisa berkualitas dan UMKM naik kelas," kata Indra.

Dalam kesempatan peringatan Hari Koperasi itu juga diisi yang seremoni penyerahan piagam penghargaan dan hadiah ini diikuti ratusan peserta upacara yang terdiri dari PNS lingkup Pemkab Tulungagung, anggota TNI Kodim 0807 Tulungagung, anggota Polri, anggota PGRI, mahasiswa, LSM, ormas, pramuka, pelajar SMA, SMP dan SD  se-Kabupaten Tulungagung.
 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019