Atap paling atas (roof top) hotel kapal Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, yang berlokasi di area Taman Rekreasi Sengkaling (TRS) menjadi area "working space" bagi para start up di wilayah Malang Raya dan sekitarnya.

"Kami fasilitasi para start up untuk mengembangkan kemampuan dan keahlian sekaligus inovasi-inovasi baru di roof top hotel kapal di Sengkaling Kabupaten Malang," kata Rektor UMM Dr Fauzan di sela peluncuran Roof Top Cafe and Resto Hotel Kapal di Sengkaling, Selasa (28/5) malam.

Menurut Fauzan, kafe yang diluncurkan sebagai unit bisnis baru UMM itu memiliki konsep yang berbeda dengan kafe-kafe lain karena roof top kafe hotel kapal akan menjadi working space bagi pebisnis pemula (start up).

Fauzan mengemukakan mahasiswa, alumni dan masyarakat umum bisa memanfaatkan fasilitas tesrebut untuk melakukan negosiasi, bekerja, dan lobi-lobi produktif sampai bisnisnya "deal".

Konsep working space tersebut diamini oleh Wakil Rektor II UMM, Nazarudin Malik. "Tempat ini bernuansa santai tetapi terkesan luxury. Selain itu, letaknya di ketinggian hotel yang menjadikan viewnya indah menghadap kota Batu, Karangploso dan kampus III UMM. Kami belum memberi nama kafe ini, jadi untuk sementara kami namai saja Roof Top Resto and Cafe," kata Nazar.

Bisnis memang menjadi salah satu fokus UMM saat ini. Melalui pembudayaan kewirausahaan atau enterpreunership, baik dosen maupun mahasiswa ditantang untuk menjawab peluang dalam mengembangkan bisnis-bisnis produktif.

Kewirausahaan bukan saja menjadi kurikulum di dalam kelas melainkan sudah diterapkan dalam bentuk unit-unit bisnis yang melibatkan mahasiswa.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya sudah menyiapkan fasilitas baru berupa Program Vokasional. Saat ini UMM sudah mengambil alih kepemilikan sebuah pabrik dan perkantorannya di daerah Karangploso seluas 11 hektare.

Kehadiran roof top ini menjadi ikon baru unit bisnis UMM setelah bulan lalu Hotel Kapal diresmikan Wakil Presiden M Jusuf Kalla. Hotel ini merupakan pengembangan perkantoran Taman Sengkaling yang berbentuk kapal pesiar. Di dalamnya terdapat fasilitas 48 kamar dan ratusan tempat tidur berkelas dormitory.

"Ini sudah melebihi fasilitas hotel berbintang empat, karena memiliki banyak kolam renang karena hotel Kapal memang menyatu dengan lokasi Taman Sengkaling yang memiliki beberapa kolam renang, mulai dari untuk anak-anak hingga dewasa," paparnya.

Sementara itu, Kepala Humas UMM, Joko Susilo menerangkan acara silaturahim yang dikemas dalam agenda peluncuran roof top hotel kapal itu merupakan kegiatan rutin yang sudah berjalan sepuluh tahun terakhir, namun setiap tahun pihak UMM memberikan sentuhan berbeda.

"Tahun ini, selain dikemas dengan peluncuran roof top juga ada agenda memancing ikan di kolam pancing Taman Sengkaling, wartawan yang ikut acara ini dapat membawa pulang ikan hasil pancingannya. Ini merupakan salah satu cara kami untuk mendekatkan diri dengan media sekaligus keluar dari rutinitas kerja,' ucap Joko.

UMM mengepakkan sayapnya di berbagai lini bisnis untuk menopang kampus putih yang berlokasi di Tlogomas tersebut, di antaranya hotel UMM Inn yang terus dikembangkan, toko buku, SPBU, taman rekreasi, dan rumah sakit. (*)
 

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019