Ketua DPP Partai NasDem Bidang Kesehatan Perempuan dan Anak, Irma Suryani Chaniago, mengaku bangga terpilihnya 32,2 persen kader ke "Senayan" sebagai anggota legislatif pada Pemilu 17 April 2019.

"Itu menunjukkan bahwa perempuan yang diusung Partai NasDem dipercayai oleh masyarakat pemilih," ujarnya melalui siaran pers yang diterima ANTARA di Surabaya, Selasa.

Berdasarkan catatannya, perempuan caleg NasDem yang terpilih pada pemilu lalu berjumlah 19 orang dari 59 caleg yang terpilih.

Ke-19 perempuan caleg NasDem yang lolos ke Senayan adalah Lestari Moerdijat (Dapil Jateng II), Sri Wulan (Jateng III), Eva Yuliana (Jateng V), Sri Wahyuni (Jatim VII), Perca Lianpuri  (Sumsel II), Sri Kustina (Sumsel II), Lisda Hendra Johni (Sumbar II) dan Delmeria Sikumbang (Sumut II).

Kemudian, Felly E Runtuwene (Sulut), Hillary Briggita Lasut (Sulut), Yessy Melanie  (Kalbar II), H Hasnah Syam (Sulsel II), Eva Rataba (Sulsel III), Tina Nur Alam (Sultra), Ratih Mega Sari (Sulbar), Kristiana Mukti Spd (NTT II), Ratu Ngadu Bonu Wulla (NTT II), Ari Eghani (Kalteng) dan Ina Elisabeth (Papua).

Politikus yang juga Ketua DPP Garda Wanita (Garnita) Malahayati NasDem itu juga mengatakan keterpilihan 19 perempuan tersebut menunjukkan bahwa partainya serius dan selektif menempatkan perempuan dalam daftar caleg.

"Keterpilihan ini membuktikan NasDem menyaring dan memilih secara berkualitas caleg perempuan. Ketokohan dan kedekatan para perempuan itu dengan konstituen membuat mereka dipercaya dan dipilih," katanya.

Selain itu, keterpilihan perempuan membuktikan bahwa NasDem menghargai dan menempatkan perempuan secara sangat terhormat tanpa ada diskriminasi sekaligus memandang kualitasnya sejajar dengan pria. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019