NasDem mengklaim meraih satu kursi hasil penghitungan surat suara PSU PPLN Kuala Lumpur yang resmi ditutup prosesnya pada Jumat siang.

“Dari proses penghitungan ini NasDem berpeluang mendapatkan satu kursi untuk Dapil II Jakarta-Luar Negeri,” ujar Ketua perwakilan Nasdem di Malaysia, Tengku Adnan, melalui siaran pers yang diterima Antara di Surabaya, Jumat malam.

Ia mengaku bersyukur terhadap perolehan perwakilan di parlemen dan akan terus mengawal proses rekapitulasi yang dijadwalkan berlangsung Sabtu, 18 Mei 2019.

Terkait tuduhan dan dugaan adanya penggelembungan suara, ia membantahnya dan menuding hanya disampaikan oleh orang yang tidak memahami data proses pemungutan suara di wilayah kerja PPLN Kuala Lumpur.

Menurut dia, bagaimana dapat dikatakan penggelembungan jika surat suara yang dikirim oleh PPLN lebih dari 257 ribu, sementara yang kembali 82 ribuan dan yang terhitung hanya sampai 62 ribuan.

“Jika mau cermat melihatnya hal ini malah yang terjadi adalah penyusutan, karena menurunnya partisipasi publik,” ucapnya.

Tengku Adnan mengatakan bahwa proses penghitungan suara selama 24 jam lebih, berjalan sangat kondusif, bahkan sangat terasa nuansa kekeluargaan bagi warga negara Indonesia yang berada di Kuala Lumpur.

PPLN Kuala Lumpur telah meyelesaikan penghitungan surat suara PSU via pos pada 17 Mei 2019 yang bertempat di PWTC.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019