Diundang menjadi pembicara dalam rapat kerja Bank Mandiri di Surabaya, Jawa Timur, Jumat, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berbagi pengalaman tentang penguatan iklim sebuah unit organisasi dan promosikan pariwisata Banyuwangi.

Dalam keterangan tertulis diterima ANTARA di Banyuwangi, Jumat malam, rapat kerja Bank Mandiri di Surabaya itu dihadiri sekitar 400 orang bankir mulai tingkat manajer sampai kepala cabang dari berbagai daerah.

"Terima kasih kepada pelaku usaha jasa keuangan yang ikut menggerakkan ekonomi daerah termasuk di Banyuwangi," kata Anas.

Menurut ia, pelaku usaha jasa keuangan (bankir) berperan penting dalam pengembangan daerah. Bahkan, Bupati Anas juga rutin mengadakan pertemuan dengan para bankir di Banyuwangi untuk memetakan perkembangan ekonomi daerah.

"Dari bankir kami tahu, oh kecamatan ini lagi oke ekonominya, ternyata dana pihak ketiga dan penyaluran pembiayaan perbankannya meningkat. Oh, kecamatan ini lagi kurang baik. Jadi, kita bisa lakukan langkah-langkah, misalnya dengan menggeser program ke kecamatan yang butuh diintervensi," kata Anas.

Bupati Banyuwangi dua periode itu juga mengajak para bankir untuk berwisata atau menggelar pertemuan di Banyuwangi.

"Bankir kalau belum ke Banyuwangi belum lengkap pengalamannya dalam berwisata. Kan kalau ke kota-kota besar sudah sering, saatnya berpetualang menikmati destinasi alam dan budaya yang masih otentik," kata Anas kepada ratusan bankir.

Ia menyampaikan secara pribadi kenal dengan bankir legendaris Indonesia, yakni almarhum Bapak Robby Djohan.

"Beliau ikut mengajari saya bagaimana cara mengambil keputusan. Makanya saya respek kepada para bankir yang turut menggeliatkan ekonomi daerah," tuturnya.

Sejumlah bankir senior pun telah berwisata ke Banyuwangi, mulai dari mantan Dirut Bank Mandiri dan Gubernur BI Agus Martowardojo, Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Dirut BCA Jahja Setiaatmadja, Dirut BRI Suprajarto, Dirut BNI Achmad Baiquni, Dirut BTN Maryono, Dirut CIMB Niaga Tigor Siahaan, hingga mantan Dirut Bank Jatim R Soeroso.

"Jadi, untuk rapat kerja, gathering dan acara-acara perbankan, ayo ke Banyuwangi saja. Sudah ada hotel dengan ballroom yang mampu menampung ribuan orang," kata Anas sembari promosi wisata Banyuwangi.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019