Calon legislatif (caleg) Fandi Utomo terpopuler di Daerah Pemilihan Jawa Timur (Dapil Jatim) I, menurut hasil survei yang digelar oleh Lembaga Survei Proximity Indonesia. 

Direktur Proximity Indonesia Whima Edy Nugroho menyebut caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menempati tempat teratas, dengan perolehan 21,3 persen, berdasarkan hasil survei nama-nama caleg untuk Dewan Perwakilan Republik Indonesia (DPR RI) di Dapil Jatim I, yang meliputi wilayah Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo.

"Posisi kedua dan ketiga, menurut hasil survei, ditempati dua orang caleg yang semuanya berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan  atau PDIP, yaitu Bambang DH dengan perolehan 19,3 persen dan Puti Guntur Soekarno, dengan perolehan 16,3 persen," katanya kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

Selain itu, dia menandaskan, berturut-turut di posisi keempat hingga ketujuh, berdasarkan hasil survei, ditempati caleg PKB Arzeti Bilbina, dengan perolehan 12,7 persen, kemudian caleg Gerindra Ahmad Dhani Prasetyo (7,5 persen), caleg Partai Golkar Adies Kadir (4,8 persen), dan Syaikhul Islam (3,5 persen).

"Survei kami lakukan sejak 25 Maret hingga 5 April 2019, dengan melibatkan 1.350 responden menggunakan metode 'Multistage Random Sampling'. Margin error-nya sekitar 2,7 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen," ujarnya.

Whima menandaskan para responden berasal dari 49 kecamatan, yang meliputi 135 desa atau kelurahan di wilayah Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo.

"Capaian survei diperoleh dari hasil riset yang telah dianalisa terlebih dahulu. Persentase dihitung dari 65,6 persen responden yang mengaku tahu nama-nama calon yang akan maju sebagai anggota DPR RI di wilayah Dapil Jatim I pada periode 25 Maret hingga 5 April 2019," ucapnya. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019