Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengajak masyarakat menghemat energi dengan mematikan peralatan elektronik yang tidak dimanfaatkan selama satu jam mulai pukul 20.30 WIB dalam rangkaian acara "Earth Hour" di area Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri, Sabtu malam.

"Kami ajak seluruh masyarakat malam ini bersama-sama dengan seluruh kota di dunia mematikan peralatan elektronik yang tidak diperlukan selama satu jam mulai jam 20.30 WIB," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri Putut Agung Subekti yang hadir dalam kegiatan itu.

Ia mengatakan, Pemkab Kediri mengadakan acara ini dengan mengajak sekolah-sekolah Adiwiyata di daerah setempat. Partisipasi sekolah-sekolah itu diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, terutama para pelajar agar lebih mencintai lingkungan.

Selain menggugah kesadaran masyarakat untuk tidak boros dalam memanfaatkan energi listrik, acara ini juga untuk mengampanyekan pengelolaan sampah. Masyarakat diajak untuk bisa mengelola sampah yang dimulai dari sampah rumahnya sendiri.

"Kegiatan ini kampanye untuk lebih menyayangi bumi. Kegiatan lain yang dilakukan dengan mengelola sampah mulai dari diri sendiri, pribadi, rumah tangga yang dikelola dengan baik. Bagaimana mengurangi sampah plastik dengan melibatkan anak-anak dan masyarakat," kata dia.

Ia sangat berharap masyarakat juga semakin pandai dalam mengelola sampah. Untuk sampah plastik bisa dikumpulkan menjadi satu dan diolah menjadi produk daur ulang, begitu juga dengan sampah basah yang bisa dikelola menjadi pupuk kompos. Dari pupuk itu bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman.

"Makanya kami galakkan pada pengelolaan sampah dari sumbernya. Jangan sampai hanya terbiasa menghasilkan sampah dibuang sembarangan atau hanya diangkut ke TPS (tempat pembuangan sementara). Jadi, lebih baik dipilah sejak awal," kata dia.

Sementara itu, dalam kegiatan itu juga menampilkan berbagai kreativitas dari para pelajar, baik kesenian maupun berbagai atraksi lainnya.

Di lokasi itu juga sudah dipasang ratusan lilin untuk dinyalakan saat kegiatan "Earth Hour" yang dimulai pukul 20.30 WIB selama satu jam.

Ratusan warga juga sudah memadati area SLG Kabupaten Kediri sejak petang. Mereka turut memeriahkan kegiatan tersebut.

Kendati harus berjubel saat di perjalanan menuju kawasan SLG, tetap membuat mereka bersemangat bahkan hingga meluber ke jalan raya. 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019