Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun, Jawa Timur, berupaya mempermudah pelayanan kepada masyarakat daerah setempat yang ingin meminjam buku melalui aplikasi berbasis digital "iMadiun".

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun Ahsan Sri Hasto di Madiun, Jumat, mengatakan, iMadiun merupakan aplikasi perpustakaan digital yang menyediakan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan membaca dari masyarakat. 

"Warga Kota Madiun bisa menginstal aplikasinya di Google Play Store melalui ponsel pintar Android agar bisa mengakses perpustakaan digital itu. Tentunya, setelah melakukan pendaftaran dan diverifikasi oleh admin perpustakaan," ujar Ahsan.

Menurut dia, layanan digital yang diluncurkan akhir tahun 2018 itu mulai diminati warga Kota Madiun. Selama periode 1-29 Januari 2019, tercatat ada 81 pendaftar baru. 

"Sedangkan yang menginstal aplikasinya sudah lebih dari 500 pengunjung. Diharapkan dapat terus bertambah," kata dia.

Selain di Android, iMadiun juga dapat diakses melalui perangkat komputer. Caranya dengan mengklik "link" yang tersedia di laman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan www.madiunkota.go.id.

Saat ini, terdapat 1.588 judul buku yang tersedia di perpustakaan digital iMadiun. Masing-masing judul terdapat dua eksemplar yang dapat diakses masyarakat, sehingga total koleksi telah lebih dari 3.000 eksemplar.

Ke depan, lanjut Ahsan, pihaknya terus berupaya mengembangkan koleksi-koleksi yang ada di perpustakaan digital tersebut, sehingga bisa semakin memenuhi kebutuhan warga serta meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya di Kota Madiun.  (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019