Federasi Serikat Buruh Kimia dan Kesehatan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (FSB KIKES KSBSI) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma`ruf Amin.

Ketua Umum FSB KIKES KSBSI Ismuntoro mengungkapkan, dukungan terhadap pasangan calon presiden Jokowi-Ma`ruf merupakan komitmen dari segenap anggotanya setelah menjalin kesepakatan mendukung calon legislatif Fandi Utomo dari Partai Kebangkitan Bangsa dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur 1, wilayah Surabaya-Sidoarjo, untuk DPR RI.

"Karena Pak Fandi Utomo adalah calon legislatif dari PKB, maka untuk calon presidennya kami dukung Jokow-Ma`ruf yang diusung oleh PKB," katanya kepada wartawan di Surabaya, Selasa.

Deklarasi dukungan tersebut dikumandangkan usai Musyawarah Nasional FSB KIKES KSBSI di Hotel Cendana Surabaya, Selasa.

"Pak Fandi Utomo telah memberi rekomendasi bahwa program yang digagas oleh pasangan calon presiden Jokowi-Ma`ruf akan sangat bermanfaat bagi kalangan buruh dalam menghadapi revolusi industri 4.0," ucap Ismuntoro.

Salah satunya adalah Kartu Pra-Kerja yang segera diluncurkan Presiden Jokowi.

Menurut Fandi Utomo, yang turut hadir dalam deklarasi tersebut, Kartu Pra Kerja akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama untuk mempersiapkan bonus demografi yang akan segera dihadapi oleh Indonesia.

"Para pemuda pencari kerja, buruh, dan juga pekerja lainnya sangat memerlukan pelatihan agar bisa menghadapi era persaingan yang semakin ketat," katanya.

Mantan dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu menjelaskan, di era persaingan global, para pemuda serta buruh dan pekerja harus memiliki daya saing luar biasa agar bisa tetap eksis.

"Pelatihan-pelatihan yang telah disiapkan oleh Presiden Jokowi itu tentunya bisa meningkatkan daya saing mereka. Itu merupakan gagasan cerdas yang harus didukung sepenuhnya oleh masyarakat Indonesia," ucapnya. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019