Lumajang (Antaranews Jatim) - Kepolisian Resor Lumajang, Jawa Timur membantu mempromosikan wisata air terjun Tumpak Sewu kepada wisatawan domestik hingga mancanegara yang sekaligus memastikan objek wisata yang dikenal dengan air terjun Niagaranya Indonesia itu aman dan kondusif dari tindak kejahatan.
   
 "Saya akan membantu agar objek wisata Tumpak Sewu selalu aman dan kondusif, sehingga wisatawan akan merasa nyaman berwisata di air terjun yang juga dikenal dengan Coban Sewu itu," kata Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban usai mengunjungi Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang, Selasa.
     
Berbicara tentang keindahan alam, lanjut dia, Kabupaten Lumajang adalah tempatnya karena memiliki sejumlah objek wisata alam yang memukau di antaranya wisata negeri diatas awan atau B-29 dan air terjun yang keindahannya tidak kalah dengan air terjun Niagara yang ada di Amerika.
     
Keindahan air terjun Tumpak Sewu yang sangat indah tersebut mengundang wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang ingin melihat langsung air terjun Niagara versi Indonesia yang berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang itu.
   
 "Jajaran kepolisian juga akan membantu untuk mempromosikan air terjun Tumpak Sewu, sehingga semakin dikenal baik secara lokal  maupun nasional hingga mancanegara karena semakin maju pariwisata, maka akan berdampak positif bagi masyarakat sekitarnya," tuturnya.
     
Arsal mengatakan majunya pariwisata dapat berdampak pada masyarakat sekitar yang dapat bekerja di bidang pariwisata seperti penyedia homestay, pemandu wisata, penyedia transportasi, pedagang di sekitar objek wisata dan lain sebagainya, sehingga secara tidak langsung akan menurunkan angka kriminalitas khususnya "street crime" di wilayah Kabupaten Lumajang.
     
Ia menjelaskan air terjun Tumpak Sewu atau disebut juga Coban Sewu adalah sebuah air terjun berketinggian sekitar 120 meter yang merupakan air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia karena memiliki formasi unik dan memiliki aliran air yang melebar seperti tirai,sehingga termasuk dalam tipe air terjun "tiered". 
   
 Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut dan air terjun yang berada di Desa Sidomulyo tersebut terbentuk di aliran Sungai Glidig yang berhulu di Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.
     
"Tidak mengherankan kalau Pemprov Jawa Timur dalam Anugerah Wisata Jawa Timur 2018 memberikan penghargaan air terjun Tumpak Sewu sebagai wisata alam terbaik di provinsi setempat," katanya.
   
 Bahkan di media sosial khususnya instagram, air terjun Tumpak Sewu juga sudah mendapat predikat sebagai salah satu spot petualangan yang instagrammable dan banyaknya para petualang yang datang ke sana baik yang berasal dari dalam negeri maupun mancanegara karena lokasinya yang mudah dilalui.
     
Di samping air terjun Tumpak Sewu,  ada juga wisata lainnya yang tidak kalah menariknya yaitu wisatawan bisa menikmati permainan arung jeram dan bagi pecinta jeep juga ada wisata jalur offroad di lereng Gunung Semeru, sehingga semakin lengkap karena tidak hanya menyajikan wisata pandangan mata saja, tapi juga ada wisata yang memacu adrenalin. 
     
"Dengan banyaknya tempat wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Lumajang, maka kami berharap Kota Pisang itu semakin terkenal di dalam negeri hingga mancanegara," ujarnya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019