Situbondo (Antaranews Jatim) - Ratusan ribu surat suara Pemilu 2019 tiba di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Senin.

"Gelombang pertama pengiriman surat suara pemilu dari percetakan untuk  DPRD provinsi dan DPR RI," ujar Komisioner KPU Kabupaten Situbondo, Agus Cahyono kepada wartawan di sela memantau pembongkaran surat suara di Situbondo.

Ia menyebutkan, surat suara DPRD Provinsi Jawa Timur yang diterima KPU sebanyak 1.006 dus dan masing-masing dus berjumlah 500 lembar surat suara dan ditambah 33 lembar hingga total keseluruhan 503.033 lembar surat suara.

Sedangkan surat suara DPR RI yang diterima KPU, katanya, pada gelombang pertama pengiriman dari percetakan sebanyak 350 dos dan masing-masing dos juga berisi 500 lembar dan total surat suara 175.000 lembar.

"Jadi, total keseluruhan surat suara DPRD provinsi dan DPR RI yang diterima KPU sebanyak 1.356 dus dengan total keseluruhan 678.033 lembar surat suara," kata Agus.

Menurut Agus, gelombang pertama pengiriman surat suara dari percetakan masih 25 persen dari jumlah surat suara yang akan diterima KPU, dan dari target pengiriman logistik surat sura pemilu akan rampung hingga Rabu (20/2).

"Mudah-mudahan besok surat suara (pileg dan pilpres) dan formulir sudah bisa dikirim dan diterima oleh kami, karena tahapan selanjutnya KPU akan melakukan penyortiran surat suara," ucapnya.

Sementara Kabag Ops Polres Situbondo, Kompol Hermanto mengatakan, untuk penjagaan gudang logistik kepolisian menyiagakan dua personil setiap hari bergantian dan ditambah dari petugas KPU.

"Selama ini pengamanan gudang logistik ada dua anggota kami yang berjaga selama 24 jam," katanya.

Dalam pantauan, truk pengangkut surat suara dari percetakan Jember dikawal ketat kepolisian, komisioner KPU maupun Bawaslu. (*)

Video Oleh Novi Husdinariyanto
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019