Surabaya (Antaranews Jatim) - Presiden Joko Widodo menerima anugerah medali kemerdekaan pers yang diserahkan oleh Ketua Dewan Pers Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo pada puncak Hari Pers Nasional 2019 di Surabaya, Sabtu.

"Kami ucapkan selamat dan merupakan bagian dari apresiasi kepada Presiden yang sangat berperan di dunia pers selama ini," ujar Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo di sela sambutannya.

Pengunegarahan medali kemerdekaan pers adalah penghargaan tertinggi dari masyarakat pers kepada perorangan atau lembaga yang memiliki jasa besar bagi kepentingan pers.

Menerima penghargaan itu, Presiden Jokowi mengaku bangga dan berterima kasih kepada pers di Indonesia yang telah mempercayainya menerima anugerah tersebut.

Pemerintah, kata dia, selama ini menjamin kemerdekaan dan kebebasan pers, termasuk menerima segala kritikan konstruktif sebagai bentuk kontrol sosial.

"Saya juga mengajak pers terus meneguhkan jati dirinya sebagai sumber informasi yang akurat dan terpercaya, serta selalu meneguhkan jati dirinya untuk tetap mengedukasi masyarakat," ucap Jokowi.

Di sisi lain, pada acara puncak hari pers juga diserahkan sejumlah penghargaan kepada insan pers di Tanah Air, seperti penghargaan Digital Award HPN 2019 diserahkan ke Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Atal S Depari kepada Menteri Pariwisata dan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Berikutnya, anugerah Kepedulian Pers kategori instansi pemerintah kepada Menteri BUMN, Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi

Penghargaan Warta Bakti Utama diberikan kepada Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang dan Anugerah Perintih Pers kepada Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.

Selanjutnya, penghargaan pers Adinegoro yang diwakili anugerah "Lifetime Achievement Award", Syafik Munir (Harian Pikiran Rakyat) Pengahargaan Kepeloporan Bidang Media, Radio Elshinta dan Kategori Jurnalistik Televisi, Anton Bachtiar Rifai (Liputan 6 SCTV), serta penghargaan "Press Card Number One" (PCNO) kepada Akhmad Munir.(*)

Video Oleh Hanif Nashrullah
 

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019