Sidoarjo, (Antaranews Jatim) - Lapindo Brantas Inc. bersama komunitas kepemudaan "Sidoarjo Positif" kembali menggelar Pelatihan Hidroponik di Desa Kalidawir, Tanggulangin, Sidoarjo ssebagai rangkaian pelatihan untuk beberapa desa di sekitar wilayah operasi Lapindo Brantas Inc.

"Di sesi pertama kami fokus teori, di sesi kedua ini kami berikan materi penanganan pada bibit pertama yang baru ditanam agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang secara sehat dan maksimal," ujar Afandi selaku pemateri dari Dinas Pertanian Sidoarjo dalam kegiatan bertema "Seminar II, Pembibitan dan Perawatan Prapanen Hidroponik", melalui keterangan pers, Selasa.

Ia mengemukakan, materi di pelatihan lanjutan ini memfokuskan pada praktek menata tanaman ke alat KIT Hidroponik yang sebelumnya sudah dilakukan pembibitan.

"Mereka sangat antusias di pelatihan hidroponik ini," katanya.

Koordinator Sidoarjo Positif Vanda Ika menyatakan, dengan kegiatan ini, warga Desa Kalidawir dapat memanfaatkannya sebagai ajang belajar sekaligus berkonsultasi.

"Para peserta pelatihan dibimbing dalam praktik hidroponik uuntuk meningkatkan perekonomian keluarga maupun desa. Melalui program hidroponik dengan lahan terbatas, namun tetap bisa melakukan pertanian," ucapnya.

Warga sendiri, lanjut dia, melihat kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan potensi yang mampu dimanfaatkan masyarakat desa.

"Harapannya ke depan dapat membudidayakan hidroponik dengan mudah dan murah di rumah,c katanya.

Ketua PKK Kalidawir, Rina Handayani juga mengungkapkan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini.

"Semoga warga dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami hidroponik, dan semoga Lapindo semakin sukses," ujarnya

Sementara itu Comunity Development PR Lapindo Brantas Inc Fifin Fithriani yang turut hadir pada acara tersebut mengatakan jika kegiatan ini dapat bermanfaat untuk warga, pemuda dan desa.

"Kami harap warga desa mampu mengembangkan hidroponik, sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa melalui program hidroponik yang dikerjakan oleh warga Kalidawir sendiri," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019