Kepanjen, Kabupaten Malang (Antaranews Jatim) - Pemerintah menyatakan bahwa saat ini pihaknya tengah fokus untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki daya saing tinggi, guna menghadapi berbagai tantangan pada era industri 4.0.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi mengatakan bahwa, merupakan tugas pemerintah dan para pemangku kepentingan lainnya untuk menyiapkan lulusan-lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki kualifikasi memadai.

"Tugas kita sekarang ini untuk menyiapkan lulusan-lulusan SMK yang betul-betul 'capable', memiliki kualifikasi yang bagus, untuk nanti mengisi pos-pos lapangan pekerjaan karena akibat dari berkembangnya infrastruktur," kata Muhadjir, pada Peresmian Laboratorium Seni Budaya di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin.

Muhadjir menjelaskan, setelah pada beberapa waktu sebelumnya pemerintah fokus untuk membangun infrastruktur yang ada di Indonesia, saat ini, langkah yang disiapkan adalah untuk mengisi infrastruktur tersebut dengan sumber daya manusia berkualitas tinggi.

Dengan SDM yang memilik kualitas tinggi, lanjut Muhadjir, untuk kedepannya mereka diharapkan mampu memanfaatkan infrastruktur yang sudah dibangun oleh pemerintah tersebut, khususnya pada sektor-sektor perekonomian dan sosial masyarakat.

"Paling penting adalah, setelah infrastruktur terbangun, maka kemudian bisa dimanfaatkan untuk kepentingan-kepentingan ekonomi, dan sosial masyarakat secara optimal," ujar Muhadjir.

Oleh karena itu, kata Muhadjir, dalam menyiapkan SDM yang memiliki daya saing tinggi tersebut diperlukan keterlibatan dari seluruh pihak, mulai dari pemerintah, pihak sekolah, termasuk juga para siswa yang ada. Karena, SDM berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan zaman tersebut bisa mendorong Indonesia untuk maju.

Menurut Muhadjir, tidak ada negara maju di dunia ini yang tidak memiliki dukungan infrastruktur yang memadai. Sejauh ini di Indonesia, volume infrastruktur yang menjadi syarat sebuah negara bisa dikatakan maju, baru terpenuhi sebesar 40 persen.

"Jika ingin Indonesia maju, harus mulai dari infrastruktur. Kemudian menyiapkan SDM yang mengisi infrastruktur itu, baru kemudian Indonesia akan maju," ujar Muhadjir.

Meskipun saat ini pemerintah sudah mulai fokus pada pembangunan SDM guna memiliki daya saing yang tinggi tersebut, bukan berarti pembangunan infrastruktur akan ditinggalkan. Dengan adanya infrastruktur dan SDM yang memadai, akan menunjang berbagai aktivitas, seperti pada sektor perekonomian.

"Pemerintah nanti walaupun sudah mulai menyiapkan SDM, juga harus tetap membangun infrastruktur," tutup Muhadjir.(*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019