Sidoarjo (Antaranews Jatim) - Komunitas Kepemudaan Sidoarjo Positif bersama dengan Lapindo Brantas Inc. memberikan pelatihan budi daya tanaman hidroponik kepada warga Desa Kalidawir, Sidoarjo, Jawa Timur supaya bisa menciptakan penghijauan di sekitar rumah dengan cara mudah dan memiliki nilai ekonomi.

Koordinator Komunitas Kepemudaan Sidoarjo Positif Vanda Ika Paramitha, Selasa mengatakan, pelatihan hidroponik ini bertujuan memberikan wawasan serta pengalaman baru bagaimana memanfaatkan penghijauan yang mempunyai nilai ekonomis dan mudah diaplikasikan di rumah-rumah warga.

"Pelatihan yang diberikan kepada sekitar 30 peserta ini meliputi dasar-dasar pembibitan hingga panen, artinya pemateri akan terus memantau perkembangan tanaman hingga panen. Dengan begini peserta akan belajar sampai mahir untuk membuat hidroponik sendiri," katanya di Sidoarjo.

Ia menjelaskan, pada kegiatan itu peserta juga diberikan kesempatan untuk praktik langsung menanam benih sayur ke dalam media tanam.

"Hal ini dilakukan supaya peserta terlatih dan bisa mengaplikasikannya di rumah tanpa harus terus di dampingi," katanya.

Menurutnya, Lapindo Brantas sebagai pendukung kegiatan ini memberikan dua unit alat hidroponik untuk Desa Kalidawir dan nantinya dua alat ini akan dikelola bersama perangkat desa dan karang taruna setempat.

Fifin Fithriani selaku CD Officer Lapindo Brantas Inc berharap alat hidroponik beserta pelatihannya dapat dimaksimalkan untuk kesejahteraan warga Desa Kalidawir.

"Pelatihan ini tentunya memberikan angin segar untuk ibu-ibu karena jika ingin memasak sayur tak perlu lagi mengeluarkan uang, melainkan dapat memetik langsung dari hidroponik tersebut, " ujarnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Kalidawir, Robid mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini karena sangat bermanfaat untuk warga desa setempat.

"Kami sudah diajari merakit hidroponik dan saya ucapkan terima kasih kepada Lapindo Brantas dan Sidoarjo Positif yang selalu mendukung kegiatan Desa Kalidawir," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019