Kota Batu (Antaranews Jatim) - Manajemen Jatim Park Group menyediakan angkutan wisata gratis bagi para wisatawan yang berkunjung, dan diharapkan mampu mengurangi tingkat kemacetan saat musim libur akhir tahun khususnya di Kota Batu, Jawa Timur.

Marketing and Public Relation Jatim Park Group Titik S Ariyanto mengatakan pihaknya menyiapkan sebanyak 20 armada angkutan wisata gratis, yang bisa dipergunakan oleh para wisatawan untuk berpindah tempat dari satu destinasi ke destinasi wisata lainnya.

"Ini merupakan salah satu fasilitas yang diinisiasi Jatim Park Group untuk memecah dan mengurangi kemacetan saat musim libur," kata Titik kepada Antara, di area Jatim Park 1, Kota Batu, Kamis.

Titik menjelaskan, para wisatawan yang berkunjung di Jatim Park 3, bisa memanfaatkan angkutan wisata gratis tersebut untuk mengunjungi destinasi lainnya seperti Jatim Park 2, Jatim Park 1, Museum Angkut, yang pengelolaannya berada di bawah Jatim Park Group.

Dengan adanya angkutan wisata gratis tersebut, mobilisasi wisatawan yang berkunjug akan lebih mudah, serta mengurangi kepadatan arus lalu lintas di wilayah Kota Batu, yang cenderung padat pada musim libur panjang seperti pada saat ini.

"Pengunjung tidak perlu membawa mobilnya, tapi bisa langsung naik angkutan wisata gratis yang kami sediakan," kata Titik.

Peningkatan jumlah kunjungan wistawan di wahana Jatim Park Group pada saat musim libur seperti saat ini diperkirakan mencapai 20 persen per harinya. Pada 2017, total jumlah kunjungan wisatawan mencapai 2,5 juta pengunjung, dan diharapkan bertambah kurang lebih sebanyak 500 ribu pengunjung pada 2018.

Angkutan wisata gratis tersebut bukan hanya beroperasi pada saat musim libur panjang saja, akan tetapi beroperasi setiap hari. Diharapkan, adanya angkutan wisata gratis tersebut bisa memberikan kemudahan bagi wisatawan, dan meningkatkan jumlah kunjungan.

"Fasilitas ini baru saja kami resmikan pada November 2018 lalu. Kendaraan yang dipergunakan memiliki ciri khas tersendiri dan menarik," kata Titik.

Jatim Park Group saat ini mengelola kurang lebih sebanyak 11 pusat rekreasi yang ada Jawa Timur. Beberapa diantaranya adalah, Jawa Timur Park 1 yang memiliki wahana museum tubuh, Jatim Park 2 dengan Museum Satwa, Batu Night Spectacular (BNS), Eco Green Park, Museum Angkut, dan Predator Fun Park.

Berdasarkan pantauan Antara, titik-titik kemacetan sudah mulai terlihat di beberapa wilayah yang menuju Kota Batu, maupun yang akan kembali ke arah Kota Malang. Peningkatan volume kendaraan sudah mulai terjadi, memasuki musim libur panjang perayaan Natal 2018.

Wilayah Malang Raya merupakan salah satu destinasi liburan favorit di wilayah Jawa Timur. Kebanyakan, para wisatawan yang menyukai wisata perkotaan, akan menghabiskan waktu di Kota Malang, untuk wisata pegunungan di Kota Batu, dan bagi wisatawan yang menyukai wisata pantai akan berkunjung di wilayah Kabupaten Malang.(*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018