Surabaya (Antaranews Jatim) - Ratusan wisatawan mancanegara turun dari kapal pesiar MS Viking Orion di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, kata pejabat PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III.

Kepala Hubungan Masyarakat Regional Jawa Timur PT Pelindo III Wilis Aji saat dikonfirmasi di Surabaya, Rabu, menyebut kapal pesiar berbendera Norwegia berukuran 47.861 "Gross Tonnage" (GT), dengan panjang 228,4 meter itu berlabuh di Dermaga Tanjung Perak Surabaya sekitar pukul 06.00 WIB tadi pagi.

"Wisatawannya berjumlah 912 orang, di luar kru kapal yang berjumlah 457 orang. Mereka berasal dari berbagai negara," katanya.

Dia menjelaskan, dari 912 wisatawan yang berada di kapal itu, sekitar 400 di antaranya turun di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk berwisata.

"Mereka yang turun dari kapal berwisata di wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya," ujarnya.

Di Surabaya, para wisatawan mancanegara tersebut di antaranya berkunjung di Kebun Binatang, selain ke tempat-tempat cagar budaya.

"Paling jauh sampai ke tempat wisata peninggalan Kerajaan Majapahit di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur," katanya.

Kendati berbendera Norwegia, Wilis menjelaskan, kapal pesiar MS Viking Orion berlayar dari sebuah pelabuhan di negeri Malta.

"Sebelumnya kapal ini terlebih dahulu singgah di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah," ujarnya.

Wilis menandaskan, kapal pesiar MS Viking Orion berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tidak sampai sehari.

"Malam hari ini MS Viking Orion bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak untuk melanjutkan pelayaran menuju ke Pelabuhan Celukan Bawang, Bali," ucapnya. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018