Sidoarjo (Antaranews Jatim) - Sebanyak sebelas rumah yang ada di Desa Kepunten, Tulangan, Sidoarjo, mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang yang melanda desa setempat pada Senin sore.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo Dwijo Prawito mengatakan, kerusakan rumah akibat terjangan angin puting beliung itu tergolong ringan.

"Saat ini anggota sedang berada di lapangan untuk melakukan evakuasi dan juga mendata kerusakan yang dialami masyarakat setempat," katanya.

Menurutnya, BPBD Sidoarjo mendapatkan laporan dari warga terkait beberapa rumah di Desa Kepunten yang mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang.

"Kami mendapatkan laporan kalau kejadian angin kencang itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB dan anggota langsung meluncur ke lokasi kejadian dengan membawa terpal. Terpal yang dibawa oleh anggota itu nantinya untuk membantu masyarakat yang memerlukan," katanya.

Ia menjelaskan, BPBD juga mendapatkan laporan kalau beberapa rumah di Desa Kajeksan, Kecamatan Tulangan, juga mengalami kerusakan serta beberapa pohon tumbang akibat angin kencang.

"Tetapi, kami belum mendapatkan data pastinya mengingat anggota masih melakukan pendataan di lokasi," ujarnya.

Dwijo memastikan kalau akibat kejadian itu tidak ada korban jiwa, hanya beberapa rumah yang mengalami kerusakan ringan.

"Oleh karena itu, kami meminta kepada masyarakat supaya lebih waspada saat pergantian musim seperti sekarang ini, termasuk menghindari berteduh di bawah pohon saat hujan datang," ujarnya.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Ajun Komisaris Besar Polisi Zain Dwi mengatakan, jajarannya akan melakukan pengecekan di lokasi kejadian angin kencang tersebut.

"Anggota kami sedang meluncur ke lokasi untuk melakukan pengecekan," ujarnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018