Madiun (Antaranews Jatim) - Pemerinah Kota Madiun mengimbau masyarakat setempat untuk mewaspadai penyebaran penyakit yang menyerang saat musim hujan tiba.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan dan KB Kota Madiun Ismudoko di Madiun, Selasa, mengatakan, saat musim hujan biasanya terdapat beberapa penyakit di lingkungan tempat tinggal yang mudah menyerang.

"Seperti penyakit flu, demam, diare, dan terutama adalah demam berdarah serta malaria," ujar Ismudoko.

Untuk itu, selain menjaga kondisi kesehatan tubuh, ia meminta warga Kota Madiun juga menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya.

Guna mencegah serangan penyakit demam berdarah, malaria, dan chikungunya, warga diimbau untuk rajin melakukan pemberantasan sarang nyamuk melalui kegiatan 3M plus, yakni menguras, menutup, dan mendaur ulang.

Warga juga diminta mengantisipasi jika ada lahan yang rimbun dan tidak terawat di sekitar rumah, karena lokasi-lokasi tersebut menjadi tempat berkembangnya nyamuk.

"Karena itu, juga perlu ada kerja sama antarmasyarakat dengan melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan agar wilayahnya tidak menjadi sarang pertumbuhan nyamuk demam berdarah," kata dia.

Hal penting lainnya, warga juga diminta menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat, mengatur asupan makanan yang bergizi, olah raga, dan istirahat cukup.

"Dengan daya tahan tubuh yang prima, maka bisa terhindar dari serangan penyakit seperti flu, batuk, dan diare," tambahnya. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018