Surabaya, (Antaranews Jatim) - Sebanyak 104 prajurit "Gurita Cantik atau Yonif 5 Marinir secara resmi menyandang pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula periode 1 Oktober 2018.

Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir Letkol Marinir Arip Supriyadi, S.H., M.M., M.Tr.Hanla, Jumat mengatakan, prajurit yang naik pangkat itu di antaranya satu orang perwira dari Letda ke Lettu, lima orang dari Pelda ke Peltu, dua orang dari Serma ke Pelda.

"Selain itu juga ada 34 orang dari Praka ke Kopda, 24 orang dari Pratu ke Praka dan 26 orang dari Prada ke Pratu," katanya saat memimpin upacara kenaikan pangkat prajurit di lapangan apel Yonif 5 Marinir Kesatrian Marinir Suroto II Ujung, Surabaya, Jumat.

Ia mengemukakan, kenaikan pangkat merupakan penghargaan yang diberikan negara kepada prajurit yang telah mampu melaksanakan tugas dengan baik dan penuh disiplin.

"Kenaikan pangkat bukanlah hadiah, melainkan anugerah yang besar dan patut disyukuri, karena merupakan keberhasilan dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara," ujarnya.

Selain itu, kata dia, kenaikan pangkat bukan sekedar penghargaan dan pengakuan, tetapi hakekatnya adalah amanah yang harus dijaga dan dipertanggungjawabkan kepada diri sendiri, keluarga, satuan dan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Dengan kenaikan pangkat ini, janganlah berbesar diri tetapi teruslah berusaha untuk selalu meraih jenjang dan karir yang lebih tinggi, peningkatan kinerja dalam organisasi yang pada akhirnya bermuara pada keberhasilan pelaksanaan tugas," katanya.

Dirinya mengucapkan selamat kepada anggota yang naik pangkat, dengan harapan momentum kenaikan pangkat tersebut dijadikan sebagai pemacu prestasi.

"Bagi prajurit yang belum naik pangkat agar tidak berkecil hati dan kecewa, jadikan hal itu untuk lebih mawas diri dan memperbaiki kekurangan yang ada selama ini. Dengan begitu dapat dijadikan bekal dikemudian hari untuk menjadi lebih baik dari sekarang," ucapnya.

Dirinya mengharapkan kepada seluruh prajurit Yonif 5 marinir agar meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memegang teguh disiplin keprajuritan, Delapan Wajib TNI dan Sapta Marga, selalu menjaga nama baik satuan, keluarga dan diri pribadi masing-masing, melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan menjadi prajurit yang profesional, berkarakter dan dicintai rakyat.

Usai upacara kenaikan pangkat dilanjutkan dengan acara tradisi yaitu pemberian ucapan selamat dan penyiraman bunga kepada prajurit yang naik pangkat.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wadan Yonif 5 Mar Mayor Marinir Ahmad Fauzi, Pasi Ops Kapten Marinir Haris Tri Purnama, Pasi Pers Kapten Marinir Mikael Rolen, Dankima Yonif 5 Mar Kapten Marinir Patrick Pattiasina, Danki Jaguar Kapten Marinir Lukman Susanto, Ketua Ranting D Cabang 2 Korcab Pasmar 2 Ny. Arip Supriyadi beserta pengurus dan anggota Jalasenastri Yonif 5 Marinir.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018